Febriani, Arifa Mazaya and Dr. Ir. Maimunah Hindun Pulungan, MS and Ika Atsari Dewi, STP., MP (2020) Perancangan Kemasan Sekunder Produk Oatmeal Cookies Menggunakan Metode Kansei Engineering (Studi Kasus pada UMKM NuwunFood di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Saat ini kue kering masih menjadi pilihan camilan sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari data rata-rata pertumbuhan konsumsi biskuit atau cookies per tahun dari tahun 2014-2018 sebesar 33,31%. Jenis cookies yang banyak dikonsumsi di Indonesia salah satunya adalah oatmeal cookies. Banyaknya varian oatmeal cookies di pasaran membuat persaingan antar produsen semakin meningkat terutama produsen dengan skala UMKM, sehingga setiap produsen dituntut untuk dapat memberikan kualitas terbaik dari produknya. Salah satu UMKM yang perlu melakukan peningkatan terhadap nilai jual produknya adalah UMKM NuwunFood pada aspek kemasannya. Kansei Engineering digunakan sebagai teknik yang berorientasi pada konsumen untuk lebih memahami respon emosional pelanggan dan menerjemahkannya lebih jauh ke dalam elemen desain suatu produk. Penelitian ini menggunakan Kansei Engineering tipe 1 yaitu klasifikasi kategori. Kata kansei yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 17 kata kansei dengan 6 sampel produk dan dibutuhkan 100 responden dengan pemilihan usia antara 17-60 tahun. Kuesioner selanjutnya disebar di pasar, warung dan rumah. Selanjutnya data hasil kuesioner dilakukan analisis faktor dan analisis konjoin terhadap kata kansei untuk memperjelas konsep rancangan kemasan yang diinginkan oleh konsumen. Data hasil penelitian kemudian dapat diinterpretasikan menjadi rancangan desain kemasan baru. Hasil dari penelitian ini yaitu kata kansei yang diperoleh untuk kemasan sekunder oatmeal cookies sebanyak 17 kata kansei yaitu mudah dibaca, berwarna, unik, mudah dibawa, kuat, up-to-date, ringan, ekonomis, mudah diingat, simpel, ergonomis, inovatif, mudah dibuka/ditutup, komunikatif, mewah, mencolok dan elegan. Responden yang didapat pada penelitian ini didominasi oleh pelajar/mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis faktor diketahui bahwa terdapat 4 faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih sebuah produk yakni faktor tampilan, penggunaan, keinginan dan kreativitas. Atribut aksesoris kemasan memiliki nilai kepentingan tertinggi pada hasil analisis konjoin diikuti oleh atribut kemasan bahan, warna dan bentuk. Rancangan akhir desain kemasan sekunder oatmeal cookies menggunakan pendekatan Kansei Engineering dengan beberapa metode pengujian memiliki spesifikasi yaitu bentuk kemasan berupa prisma segi 6 dengan bagian depan kemasan terdapat nama jenis produk, gambar produk serta logo halal dan bagian belakang kemasan terdapat keterangan komposisi, nutrition fact, kolom tanggal kadaluarsa dan informasi produsen, bahan kemasan terbuat dari kertas ivory, kemasan full color dan tidak terdapat aksesoris.
English Abstract
Currently, pastries are still the snack choice for most Indonesians. This can be seen from the data on the average growth in consumption of biscuits or cookies per year from 2014-2018 of 33.31%. One of the most widely consumed types of cookies in Indonesia is oatmeal cookies. The many variants of oatmeal cookies on the market make competition between producers increase, especially producers with a scale of UMKM, so that every producer is required to be able to provide the best quality of their products. One of the UMKM that needs to increase the selling value of their products is the NuwunFood in the packaging aspect. Kansei Engineering used as a consumer-oriented technique to better understand the emotional response of the customer and translate it further into the design elements of a product. This study uses Kansei Engineering type 1, namely category classification. The word kansei used in this study were 17 kansei words with 6 product samples and required 100 respondents with a selection of ages between 17-60 years. The questionnaire will be distributed in markets, stalls and homes. Furthermore, the data from the questionnaire was carried out by factor analysis and conjoint analysis of the word kansei to clarify the concept of packaging design desired by consumers. The research data can then be interpreted into a new packaging design. The results of this study are 17 kansei words obtained for secondary packaging of oatmeal cookies, namely easy to read, color, unique, easy to carry, strong, up-to-date, light, economical, easy to remember, simple, ergonomic, innovative, easy to open / close, communicative, luxurious, striking and elegant. Respondents obtained in this study were dominated by students. Based on the results of the factor analysis, it is known that there are 4 factors that influence consumers in choosing a product, namely appearance, use, desire and creativity. The attribute of packaging accessories has the highest importance on the results of the conjoint analysis followed by the attributes of packaging material, color and shape. The final design of the secondary oatmeal cookie packaging design uses the Kansei Engineering approach with several testing methods having specifications, the form of packaging in the form of a 6-sided prism with the front of the package containing the name of the product type, product image and halal logo and the back of the package contains a description of composition, nutrition fact, column expiration date and manufacturer's information, packaging material made of ivory paper, full color packaging and no accessories
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520100055 |
Uncontrolled Keywords: | Kansei Engineering, kemasan sekunder, oatmeal cookies, Kansei Engineering, secondary packaging, oatmeal cookies. |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 06 Jul 2022 01:57 |
Last Modified: | 06 Jul 2022 01:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191605 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
0520100055 - Arifa Mazaya Febriani.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |