Hubungan Jumlah Anak dan Jumlah Anggota Keluarga dalam Rumah Tangga terhadap Keragaman Makanan Keluarga di Malang Raya, Jawa Timur

Afandy, Umrah Sri Rahayuh and Catur Saptaning Wilujeng, S.Gz., MPH and Intan Yusuf Habibie, S.Gz., M.Sc. (2022) Hubungan Jumlah Anak dan Jumlah Anggota Keluarga dalam Rumah Tangga terhadap Keragaman Makanan Keluarga di Malang Raya, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia sedang mengalami beban masalah gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi. Konsumsi makanan yang beragam merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat. Namun berdasarkan hasil penelitian sebelumnya, Indonesia memiliki angka konsumsi keragaman makanan keluarga yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah jumlah anak dan jumlah anggota dalam rumah tangga merupakan faktor yang mempengaruhi keragaman makanan keluarga. Keragaman makanan dinilai menggunakan kuisioner Household Dietary Diversity Score (HDDS) dari FAO. Penelitian ini melibatkan 135 keluarga di wilayah Malang Raya yang dipilih dengan metode Systematic Random Sampling. 72 keluarga (53,3%) sudah mengonsumsi makanan yang beragam, 62 keluarga (45,9%) mengonsumsi makanan yang cukup beragam dan masih ada 1 keluarga (0,7%) yang mengonsumsi makanan yang tidak beragam. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara jumlah anak dengan keragaman makanan yang dikonsumsi keluarga (p = 0,169). Tidak terdapat pula hubungan antara jumlah anggota keluarga dalam rumah tangga dengan keragaman konsumsi keluarga (p = 0,154). Tidak adanya hubungan antara kedua variabel disebabkan oleh adanya variabel perancu yang lebih berpengaruh seperti pendapatan keluarga, daya beli, dan pengetahuan. Meskipun tidak ada hubungan, tetapi penelitian menunjukkan keragaman makanan keluarga di Malang Raya sebagian besar termasuk dalam kategori beragam. Kendati demikian, peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya dapat memilih responden yang homogen dari segi pendapatan karena variable tersebut cukup besar pengaruhnya pada variable keragaman makanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0522060035
Uncontrolled Keywords: Keragaman makanan, Jumlah anak, Jumlah anggota keluarga
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:18
Last Modified: 04 Jul 2022 07:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191478
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Umrah Sri Rahayuh Afandy.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item