Zuhria, Maznah and Dr. Panji Deoranto, STP. MP (2021) Analisis Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Rohani, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Keripik tempe adalah salah satu cemilan khas kota Malang yang terbuat dari tempe yang diiris tipis. Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Rohani merupakan salah satu tempat usaha yang memproduksi keripik tempe, berlokasi di Jl. Tumenggung Suryo No. 90, Malang. Strategi digital marketing merupakan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing menggunakan media digital untuk melayani pasar sasaran. Memasuki era industri 4.0, Keripik Tempe Rohani mulai menggunakan media digital sebagai salah satu media pemasaran guna menarik minat pembeli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi digital marketing yang dilakukan oleh Industri Rumah Tangga Keripik Tempe Rohani, Malang terhadap keputusan pembelian produk oleh konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Modelling (SEM) yang mendasar pada hubungan kausalitas, yakni terjadinya perubahan pada satu variabel berdampak pada perubahan variabel yang lainnya, yaitu variabel strategi digital marketing terhadap variabel keputusan pembelian. Uji goodness of fit model menunjukkan bahwa model yang digunakan sudah baik sehingga model layak digunakan untuk analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara strategi digital marketing pada variabel product, price dan promotion terhadap keputusan pembelian produk Industri Keripik Tempe Rohani. Sedangkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi digital marketing pada variabel place dan people terhadap keputusan pembelian
English Abstract
Tempe chips are one of the typical Malang snack made from thinly sliced tempeh. Keripik Tempe Rohani Home Industry is one of business place that produces tempe chips, located at Jl. Tumenggung Suryo No. 90, Malang. Digital marketing strategy is a tool used to achieve company goals by developing competitive advantage using digital media to serve target markets. Entering the industrial 4.0, Keripik Tempe Rohani are starting to use digital media as a marketing medium to attract buyers. The purpose of this study was to determine the effect of digital marketing strategies carried out by Keripik Tempe Rohani Home Industry, Malang on product purchasing decisions by consumers. The method used in this research is the Structural Equation Modeling (SEM) method, which is based on causality, where changes in one variable have an impact on changes in other variables, namely the digital marketing strategy variable on the purchasing decision variable. The goodness of fit model test shows that the model used is good so that the model is feasible to use for analyzing the factors that influence consumers in product purchase decisions. The results of this study indicate that there is a significant influence between digital marketing strategies on product, price and promotion variables on purchasing decisions in Keripik Tempe Rohani Chips Home Industry. Meanwhile, there is no significant influence between digital marketing strategies on the place and people variables on purchasing decisions
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520100015 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Digital Marketing, Keputusan Pembelian, Structural Equation Modelling (SEM),Digital Marketing Strategy, Purchasing Decision, Structural Equation Modelling (SEM) |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 04 Jul 2022 02:56 |
Last Modified: | 11 Dec 2023 07:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/191448 |
Text
0520100015- Maznah Zuhria.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |