Pengembangan Media Edukasi Pemrograman Dasar Pada Materi Struktur Kontrol Percabangan Menggunakan Model Pembelajaran Problem-Posing

Syahidi, Aulia Akhrian (2019) Pengembangan Media Edukasi Pemrograman Dasar Pada Materi Struktur Kontrol Percabangan Menggunakan Model Pembelajaran Problem-Posing. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pentingnya keahlian dalam membuat program pada era sekarang ini, membuat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memasukkan kurikulum yang dapat mempelajari pemrograman, yang lebih lanjut dinamakan mata pelajaran pemrograman dasar. Pemrograman dasar merupakan salah satu mata pelajaran produktif wajib yang harus diprogram oleh semua siswa kelas sepuluh pada semester pertama dan kedua untuk Sekolah Menengah Kejuruan rumpun bidang keahlian Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) di seluruh Indonesia. Mata pelajaran ini merupakan fondasi awal, untuk mempelajari mata pelajaran produktif lainnya. Namun, para siswa cenderung tidak menyukai mata pelajaran ini, karena cenderung sulit untuk dipahami dan dipelajari. Maka dari itu, kami mencoba menghadirkan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan melakukan pengembangan media edukasi pemrograman dasar khususnya pada materi struktur kontrol percabangan dengan menanamkan sintaks model pembelajaran problem-posing tipe open-posing ke dalam alur interaksinya. Media edukasi ini bernama TOLSYASUPI-EduMed, berbasis desktop. Kolaborasi antara metode research and development (R&D) dengan metode penelitian eksperimen digunakan sebagai metode utama pada penelitian ini. Model untuk pengembangan sistem menggunakan model ADDIE dengan beradaptasi pada metode R&D. Metode A/B testing digunakan untuk memvalidasi pemilihan rancangan awal media edukasi. Bentuk rancangan sampai pada tahap pengembangan harus tervalidasi oleh para ahli media dan materi yang dilakukan sebanyak 3 kali iterasi, untuk memastikan bahwa media edukasi dapat mengupayakan efek terhadap efektivitas pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. 36 siswa terlibat dalam penggunaan media edukasi, di mana terdiri dari N: 18 sebagai kelompok eksperimen dan N: 18 sebagai kelompok kontrol. Pengujian media edukasi dari sisi spesifikasi kebutuhan menggunakan black-box testing (fungsional) dan usability evaluation (non-fungsional). Dari sisi efek media edukasi terhadap efektivitas pembelajaran berupa aktivitas, hasil belajar, dan motivasi siswa. Hasil penelitian menyatakan bahwa 90,9% para ahli telah sepakat sangat kuat setuju memilih desain B untuk dilanjutkan ke tahap proses perancangan lanjut, pengembangan, dan implementasi. Hasil dari validasi iterasi ke-3 ahli media dan materi sangat kuat menyatakan media edukasi layak untuk digunakan dengan persentase 90,44% pada validation-01, 92,03% pada validation-02, dan 92,28% pada validation-03. Berdasarkan pada spesifikasi kebutuhan fungsional semua fitur telah berfungsi dengan baik, dan secara non-fungsional 94,49% sangat kuat setuju bahwa para pengguna akhir (siswa) merasa puas dan merasakan kebergunaan dari media edukasi TOLSYASUPI-EduMed ini. Aktivitas belajar dengan persentase 95,11% berpredikat sangat kuat dengan kategori amat baik aktif. Hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 85,07 berpredikat sangat kompeten dengan huruf A-. Motivasi belajar berada pada nilai 88,07% berpredikat sangat kuat termotivasi dan bersemangat. Selanjutnya dapat dipastikan bahwa cenderung terlihat perbedaan yang mencolok antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol pada penggunaan media edukasi ini, serta pengaruh yang sangat besar dari media edukasi yang telah dirasakan oleh siswa pada proses pembelajaran pemrograman dasar.

English Abstract

The importance of expertise in making programs in the current era, makes Vocational High Schools incorporate curricula that can learn programming, which is further called basic programming subjects. Basic programming is one of the mandatory productive subjects that must be programmed by all tenth-grade students in the first and second semesters of Vocational High School in the fields of Technology, Information and Communication expertise throughout Indonesia. These subjects are the initial foundation, to study other productive subjects. However, students tend to dislike these subjects, because they tend to be difficult to understand and learn. Therefore, we try to present a solution to overcome this problem by developing a basic programming educational media especially in the material of branching control structures by instilling the syntax of the problem-posing learning model in the open-posing type into the interaction flow. This educational media is called TOLSYASUPI-EduMed, desktop based. Collaboration between research and development (R&D) methods and experimental research methods was used as the main method in this study. The model for system development uses the ADDIE model by adapting to the R & D method. The A/B testing method is used to validate the selection of the initial educational media design. The form of the design until the development stage must be validated by media experts and the material carried out in 3 iterations, to ensure that the educational media can seek effects on the effectiveness of learning. This study was conducted in 2 cycles with 4 meetings. 36 students were involved in the use of educational media, which consisted of N: 18 as the experimental group and N: 18 as the control group. Testing educational media in terms of needs specifications using black-box testing (functional) and usability evaluation (non-functional). In terms of the effect of educational media on the effectiveness of learning in the form of activities, learning outcomes, and student motivation. The results of the study stated that 90.9% of experts agreed that Strongly Agree chose design B to proceed to the advanced design, development and implementation stages. The results of the 3rd iteration validation of media and material experts strongly stated that the educational media was feasible to use with a percentage of 90.44% in validation-01, 92.03% in validation-02, and 92.28% in validation-03. Based on the functional requirements specifications all features are functioning properly, and non-functionally 94.49% strongly agree that end users (students) are satisfied and feel the usefulness of this TOLSYASUPI-EduMed educational media. Learning activities with a percentage of 95.11% have very strong predicate with the category of very good active. Learning outcomes with an average value obtained by students are 85.07 with very competent predicate with the letter A-. Learning motivation is at the value of 88.07% with a very strong predicate and motivated. Furthermore, it can be ascertained that there tends to be a marked difference between the experimental group and the control group in the use of this educational media, as well as the enormous influence of the educational media that has been felt by students in the basic programming learning process.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/371.33/SYA/p/2019/041904862
Uncontrolled Keywords: media edukasi, problem-posing, penelitian dan pengembangan,-educational media, problem-posing, research and development
Subjects: 300 Social sciences > 371 Schools and their activities; special education > 371.3 Methods of instruction and study > 371.33 Teaching aids, equipment, materials
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komputer, Fakultas Ilmu Komputer
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Jun 2022 05:34
Last Modified: 03 Jun 2022 05:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190814
[thumbnail of Aulia-Akhrian-Syahidi.pdf] Text
Aulia-Akhrian-Syahidi.pdf

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item