Marwatina, Ulfa Lutfi and Ahmad Zaki Mubarok,, S.T.P.,M.Si.,Ph.D (2021) Analisis Pengembangan Usaha Pengaplikasikan Kaldu Jamur Sebagai Inovasi Produk pada Usaha Mi Lidi “Kang Ngemils: di UKM Melesat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pangan merupakan kebutuhan utama manusia yang tidak bisa ditinggalkan dari kehidupan sehari-hari. Pola konsumsi bahan pangan masyarakat berdasarkan perubahan gaya hidup. Era ekonomi modern seperti saat ini, masyarakat dituntut untuk mengikuti perubahan zaman yang sangat massive. Hal tersebut mempengaruhi pola konsumsi dan permintaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan makanan menginginkan hal yang mudah, praktis, sehat salah satunya makanan ringan. Makanan ringan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia dan membuat permintaan pasar akan makanan ringan terus meningkat. Sehingga hal tersebut merupakan peluang usaha mi lidi Kang Ngemils untuk turut bergerak dan berkembang dalam usaha makanan ringan. Dengan menawarkan produk jajanan authentic dan memberi inovasi kaldu jamur sebagai penyedap (Flavor Enhancer) untuk dapat bersaing dalam industri makanan. Mi lidi Kang Ngemils didirikan pada tanggal 1 Januari 2021. Rumah produksi kai berada di Desa Sirahan, Salam, Magelang. Produk yang ditawarkan oleh mi lidi Kang Ngemils yakni mi lidi dengan ukuran 50 gr dan 100 gr dan berbagai varian rasa. Pada proses produksi tim menggunakan Standard Operational Procedure (SOP) dan diaplikasikan dengan prinsip PDCA (Plan, Do, Check, Act) dari mulai pemilihan bahan baku, pencampuran adonan, pencetakan adonan, pengeringan, pemotongan, penggorengan, dan pengemasan. Berdasarkan analisis kelayakan usaha, BEP produk sebanyak 698 unit atau senilai Rp 7.008.241. B/C Mi lidi Kang Ngemils tahun pertama senilai 1,84. Berdasarkan perhitungan nilai PBP Kang Ngemils yakni 1 tahun 9 bulan 1 hari. analisis NPV dihasilkan 13.144.863,51. analisis IRR mi lidi Kang Ngemils sebesar 70%. Dalam mengembangkan produk mi lidi Kang Ngemils melakukan inovasi varian rasa, rekayasa proses, dan membuat proses semakin otomatis.Dalam proses pemasaran, Kang Ngemils akan mengembangkan pemasaran online dan offline
English Abstract
Food is one of the essential needs for human living. Food consumption patterns based on lifestyle changes. In the modern economic era, people learn to keep up with the massive changes of the new era. This affects consu for easy, practical, and healthy food. Snack is a kind of food that is the most favorite food of Indonesian people. So, it is an opportunity for Kang Ngemils to build and develop the business. Kang Ngemils are offering authentic snack products by innovating mushroom broth as flavor enhancers are Kang Ngemils competitive advantage in snack industry competition. Kang Ngemils stick noodle was established on January 1, 2021. The production house is located in Sirahan Village, Salam, Magelang, Central Java. Kang Ngemils are offering stick noodles with sizes of 50 gram and 100 gram with various flavors. In the production process, the production team uses Standard Operational Procedure (SOP) and applies the PDCA (Plan, Do, Check, Act) principles from selecting raw materials, mixing dough, drying, cutting, frying, and packaging. Based on the business feasibility,Break Event Point Value is 698 units or Rp 7.008.241. B/C noodle sticks about 1,84. Based on the calculation, the PBP value is 1 year, 9 month, 1 day. NPV analysis resulted in 13.144.863,51. IRR analysis is 75%. In Developing noodle products, Kang Ngemils innovated flavor variants, engineered the process, and made the process more automated. In the marketing process, Kang Ngemils will develop online and offline marketing
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521100274 |
Uncontrolled Keywords: | Bisnis Makanan, Kewirausahaan, Mi Lidi, Profit,Bisnis Makanan, Kewirausahaan, Mi Lidi, Profit |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 17 May 2022 04:20 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190503 |
Text
fix-Ulfa Lutfi Marwatina.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |