Pengaruh Islamic Compliance Dan Kualitas Pelayanan E-Banking Terhadap Kepercayaan, Komitmen Serta Loyalitas Penggunaan E-Banking (Studi Pada Nasabah Bank Bni Syariah Di Provinsi Jawa Timur)

Arifin, Mochammad (2017) Pengaruh Islamic Compliance Dan Kualitas Pelayanan E-Banking Terhadap Kepercayaan, Komitmen Serta Loyalitas Penggunaan E-Banking (Studi Pada Nasabah Bank Bni Syariah Di Provinsi Jawa Timur). Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri perbankan syariah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan seiring dengan perkembangan teknologi terutama e-banking, berupaya untuk mendapatkan dan membuat nasabah memiliki komitmen dan lebih loyal dalam menggunakan e-banking. Pada penelitian ini merupakan penelitian kausalitas, yang bertujuan untuk menganalisis hubungan maupun pengaruh Islamic compliance dan kualitas pelayanan e-banking terhadap kepercayaan dan komitmen nasabah serta loyalitas penggunaan e-banking oleh nasabah. Unit analisis penelitian adalah nasabah dengan sampel 204 orang dari populasi 193.257 orang, pengujian hubungan variabel didasarkan pada teori atau hipotesis dengan menggunakan General Structured Component Analisys (GSCA), selanjtnya hasil pengujian fenomena kemudian dilakukan penjelasan dan pembahasan yang dikenal dengan eksplanatori (explanatory research). Hasil analisis data penelitian ditemukan dari 9 (sembilan) hipotesis terdapat 7 (tujuh) hipotesis memiliki pengaruh yang signifikan yaitu islamic compliance memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan, kualitas pelayanan e-banking berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, kualitas pelayanan e-banking berpengaruh signifikan terhadap komitmen, kualitas pelayanan e-banking berpengaruh signifikan terhadap loyalitas penggunaan e-banking, kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap komitmen, kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas penggunaan e-banking, dan komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas penggunaan e-banking, sedangkan 2 (dua) hipotesis memiliki pengaruh yang tidak signifikan yaitu islamic compliance memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap komitmen nasabah menggunakan e-banking, dan islamic compliance memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap loyalitas penggunaan e-banking. Hasil penelitian ini, secara teoritis memperkaya dan melengkapi ilmu pengetahuan di bidang perilaku nasabah menggunakan teknologi sistem informasi yang disebut e-banking, teori tersebut memperkuat Theory Reasoned Action (Fishbein and Ajzen, 1980) dan Theory Planned Behaviour (Ajzen, 1991), khususnya yang berkaitan dengan islamic compliance, kualitas pelayanan e-banking, kepercayaan dan komitmen serta loyalitas penggunaan e-banking.

English Abstract

The sharia banking industry is growing rapidly and in line with technological developments, especially e-banking, seeks to gain and make customers more committed and loyal in using e-banking. In this research is causality research, which aims to analyze the relationship and influence of Islamic compliance and the quality of e-banking service to customer's trust and commitment and loyalty of e-banking use by the customer. The research analytical unit is a customer with a sample of 204 people from a population of 193,257 people, testing the relationship of variables based on the theory or hypothesis using General Structured Component Analisys (GSCA), then the result of the phenomenon testing then explanation (explanatory research). Result of analysis of research data found from 9 (nine) hypothesis there are 7 (seven) hypothesis have significant influence that islamic compliance have significant influence to trust, e-banking service quality significant to trust, quality of service of ebanking significant to commitment , the quality of e-banking services significantly influences the loyalty of e-banking use, trust significantly influences the commitment, trust significantly affects the loyalty of e-banking use, and commitment significantly affects the loyalty of e-banking usage, while 2 (two) hypotheses have influence which is not significant ie Islam compliance has a non-significant influence on the commitment of customers using e-banking, and Islamic compliance has a non-significant influence on the loyalty of e-banking use. The results of this study, theoretically enrich and complement the science in the field of customer behavior using information systems technology called e-banking, the theory strengthens Theory Reasoned Action (Fishbein and Ajzen, 1980) and Theory Planned Behavior (Ajzen, 1991) related to islamic compliance, e-banking service quality, trust and commitment and loyalty of e-banking usage

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/332.17/ARI/p/2017/061808826
Uncontrolled Keywords: Islamic Compliance, Kualitas pelayanan, kepercayaan, komitmen, Loyalitas penggunaan e-banking,-Islamic Compliance, Quality of e-banking service, trust, commitment, Loyalty of e-banking usage
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks > 332.17 Banking services
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:08
Last Modified: 25 Apr 2022 04:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/190123
[thumbnail of MOCHAMMAD ARIFIN.pdf] Text
MOCHAMMAD ARIFIN.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item