Strategi Peningkatan Kualitas Produk Keju Mozzarella Secara Berkelanjutan dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dan Analitycal Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Di CV. Narendra Food, Malang)

Sibarani, Christdela Ester and Prof. Dr. Ir. Imam Santoso,, MP (2021) Strategi Peningkatan Kualitas Produk Keju Mozzarella Secara Berkelanjutan dengan Pendekatan Quality Function Deployment (QFD) dan Analitycal Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus Di CV. Narendra Food, Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

CV. Narendra Food merupakan salah satu unit usaha penghasil keju mozarella yang berada di kota Malang. CV. Narendra Food juga termasuk salah satu unit usaha yang cukup sukses dan terkenal sebagai distributor keju mozarella, hal ini menyebabkan terjadinya persaingan dengan unit usaha lainnya. Strategi perbaikan kualitas produk yang tepat akan memiliki pengaruh pada pemasaran hingga penjualan keju mozzarella. Kualitas produk dinilai bagus oleh konsumen jika mempunyai value yang lebih daripada produk kompetitor. Peningkatan kualitas produk, umumnya memakai konsep sustainable (berkelanjutan). Keberlanjutan (sustainable) dianggap sebagai karakteristik kualitas yang sering diterapkan dalam perusahaan. Kualitas produk yang berkelanjutan (sustainable) menggabungkan ekonomi, etika/sosial, teknologi dan dimensi keberlanjutan sosio-ekonomi lainnya, dan menggunakan prinsip-prinsip ekologi sebagai metode perancangan. Sehingga, dengan adanya maksud keberlanjutan dari penelitian yang dilakukan, diharapkan CV. Narendra Food yaitu harus selalu berusaha memperbaiki kualitas produk demi memenuhi keinginan dan memberi yang terbaik pada konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis atribut yang menjadi keinginan utama konsumen dan mendapatkan strategi dalam melakukan peningkatan kualitas produk keju mozzarella “CV. Narendra Food” secara berkelanjutan Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kualitas produk ialah Quality Function Deployment (QFD). QFD merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mencari tahu terkait apa yang dikehendaki oleh konsumen lalu diterjemahkan menjadi beberapa atribut. Sebuah alat yang digunakan dalam metode QFD ini adalah House of Quality (HOQ). Metode yang lain adalah Analitycal Hierarchy Process (AHP) yang merupakan sebuah metode untuk menetapkan respon teknis kemudian diurutkan sesuai tingkatan prioritas yang sesuai dalam memenuhi hal terkait keinginan konsumen. Penggunaan kedua metode tersebut, penelitian ini mendapatkan strategi dalam melakukan peningkatan kualitas produk keju mozzarella “CV. Narendra Food. Beberapa atribut yang digunakan untuk mengetahui hal yang diharapkan oleh konsumen adalah performa kerja (performances), fitur produk (feature), keandalan (reliability), conformance to specification, daya tahan (durability) dan kemampuan diperbaiki (serviceability). Responden yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Pengelolaan data berdasarkan pada House of Quality dalam metode QFD, kemudian akan menghasilkan analisis dari kepuasan konsumen hingga benchmarking dengan produk yang sejenis dari CV “X” lalu diintegrasikan dengan memakai metode AHP agar menghasilkan urutan bobot teknis Hasil dari perhitungan dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) memperoleh bobot atribut dari kepuasan pelanggan. Urutan atribut kepuasan pelanggan adalah warna kemasan keju mozzarella (7,27); masa kadaluarsa (6,95); izin produk (6,89); kemudahan memperoleh produk (6,33); tampilan (bentuk) keju (6,16); rasa asin pada keju (6,15); desain kemasan keju (6,07); kelengkapan informasi kemasan (6,02); kemudahan menjangkau lokasi (5,96); kesesuaian harga dengan kualitas (5,91); ketenaran keju (5,85); variasi ukuran produk (5,84); manfaat saat konsumsi produk (5,73); produk sesuai dengan penjelasan tertera (5,55); daya mulur keju mozzarella (5,36) dan bahan pembuat (5,16). Atribut respon teknis secara berurut yang selanjutnya masuk ke tahap strategi peningkatan kualitas yaitu, pemilihan kualitas susu sapi (0,32); teknik pengolahan keju mozzarella (0,25); meningkatkan kecepatan dalam menanggapi konsumen (0,14); penentuan harga jual produk (0,11); penambahan sertifikasi produk (0,09) dan mendesain ulang kemasan (0,09)

English Abstract

CV. Narendra Food is one of cheese-producing business units mozzarella in the city of Malang. CV. Narendra Food is also one of the business units that is quite successful and well-known as a distributor ofcheese mozzarella, this causes competition with other business units. The right product quality improvement strategy will have an influence on marketing and sales ofcheese mozzarella. The quality of a product is considered good by consumers if it has more value than competing products. Improving product quality, generally using the concept of sustainable. Sustainability are considered as quality characteristics often applied in the company. Sustainable product quality combines economic, ethical/social, technological and other socio-economic dimensions of sustainability, and uses ecological principles as a design method. Thus, with the intention of continuing the research conducted, it is hoped that CV. Narendra Food must always try to improve product quality in order to fulfill the wishes and give the best to consumers. The purpose of this study is to identify and analyze the attributes that are the main desires of consumers and to obtain strategies to improve the quality of mozzarella cheese products "CV. Narendra Food” in a sustainable manner One method that can be used to measure the level of product quality is Quality Function Deployment (QFD). QFD is a method used to find out what consumers want and then translate it into several attributes. A tool used in this QFD method is the House of Quality (HOQ). Another method is the Analytical Hierarchy Process (AHP) which is a method for determining technical responses and then sorting them according to the appropriate priority level in fulfilling matters related to consumer desires. Using these two methods, this study obtained a strategy to improve the quality ofcheese products mozzarella "CV. Narendra Food. Some of the attributes used to know what is expected by the consumer is performances, feature, reliability, conformance to specification, durability, service ability. Respondents used in this study amounted to 100 respondents. Data management is based on the House of Quality in the QFD method, then will produce an analysis from customer satisfaction to benchmarking with similar products from CV "X" then integrated using the AHP method to produce a technical weight order. The results of calculations using method QFD obtain attribute weights from customer satisfaction. The order of customer satisfaction attributes is the color of thecheese packaging mozzarella (7,27); expired time (6.95); product license (6.89); ease of obtaining products (6.33); appearance (shape) of cheese (6,16); the saltiness of the cheese (6.15); cheese packaging design (6.07); completeness of packaging information (6,02); ease of reaching the location (5,96); suitability of price with quality (5.91); cheese fame (5.85); product size variation (5,84); benefits when consuming the product (5,73); the product is in accordance with the explanation stated (5,55); stretchability ofcheese mozzarella (5.36) and ingredients (5.16). The technical response attributes are sequentially entered into the quality improvement strategy stage, namely, the selection of cow's milk quality (0.32);cheese processing technique mozzarella (0.25); increase the speed in responding to consumers (0.14); determining the selling price of the product (0.11); adding product certification (0.09) and redesigning packaging (0.09).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521100282
Uncontrolled Keywords: House of Quality, Keju Mozzarella, Kualitas produk berkelanjutan, Peningkatan kepuasan konsumen,House of Quality, Mozzarella Cheese, Sustainable product quality, Increased consumer satisfaction
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Feb 2022 02:15
Last Modified: 01 Oct 2024 06:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/189510
[thumbnail of Christdela Ester Sibarani.pdf] Text
Christdela Ester Sibarani.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item