Indonesian EFL Teachers’ Intercultural Communicative Competence

Sari, Ratna Cahya and Yulia Hapsari, S.Pd., M.Pd. (2021) Indonesian EFL Teachers’ Intercultural Communicative Competence. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam lingkungan multikultural yang berkembang ini, kemampuan untuk menghadapi perbedaan budaya dapat menjadi masalah yang penting. Kompetensi Komunikasi Antarbudaya (Intercultural Communication Competence / ICC) merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi kehidupan seharihari individu yang hidup dalam lingkungan multikultural. Oleh karena itu, tingkat ICC yang tinggi sangat diperlukan untuk menghindari masalah antarbudaya agar dapat berkomunikasi dengan satu sama lain secara efektif dan benar, terutama untuk guru Bahasa Inggris (English as Foreign Language / EFL). Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ICC guru EFL di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan survei cross-sectional sebagai desain penelitian. Terdapat 122 guru EFL Indonesia yang dipilih sebagai partisipan melalui snowball sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tentang ICC yang diadopsi dari Zhou (2011). Kemudian data dihitung dan dianalisis dengan menggunakan Microsoft Excel 2010 dan IBM SPSS 21 sesuai dengan pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa partisipan memiliki tingkat ICC yang standar atau sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk semua dimensi, skor rata-rata peserta pada dimensi attitudes tinggi sedangkan skor rata-rata peserta pada dimensi knowledge, skills, dan awareness tergolong sedang dengan dimensi knowledge memiliki skor rata-rata terendah. Peneliti juga menemukan bahwa paparan konteks antarbudaya peserta mungkin berdampak pada ICC mereka. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan bagi para guru EFL Indonesia untuk mengembangkan konteks antarbudaya dalam kegiatan pengajarannya tidak hanya fokus pada satu budaya tertentu, sehingga dapat meningkatkan ICC siswa. Selain itu, bagi pengembang kurikulum di Indonesia, disarankan untuk memberikan kesempatan kepada guru EFL Indonesia untuk mengembangkan pengetahuan antarbudaya dan mendorong pengajaran antarbudaya agar lebih mengenal konteks antarbudaya dan lebih mempromosikan ICC kepada siswanya. Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk melakukan penelitian kualitatif dengan topik yang sama. Dengan melakukan penelitian kualitatif dengan topik yang sama akan memberikan penjelasan yang lebih jauh dan lebih dalam pada hasilnya.

English Abstract

In these growing multicultural environments, the abilities to deal with cultural differences could be an important issue. Intercultural Communication Competence (ICC) is among the main factors that could influence daily life of individuals who live in multicultural environments. Therefore, high level ICC is needed to avoid different cultural issues in order to communicate with each other effectively and properly, especially for English Foreign Language (EFL) teachers. This study aims at investigating the ICC of EFL teachers in Indonesia. This study used quantitative method and cross-sectional survey as research design. There were 122 Indonesian EFL teachers were chosen by using snowball sampling as the participants. Researcher used ICC questionnaire adopted from Zhou (2011) as the instrument. Then, the data was calculated and analyzed by using Microsoft Excel 2010 and IBM SPSS 21 in accordance to the research question. The result of the study found out that the participants employed ICC at moderate level. The result showed that, for all dimensions, the participants‟ mean score in attitudes dimension was high while their mean scores on their intercultural knowledge, skills, and awareness dimension were moderate with the knowledge dimension having the lowest mean score. The researcher also found that participants‟ intercultural exposure might have impact in their ICC. Based on these findings, it is suggested for Indonesian EFL teachers to develop intercultural context in their teaching activities by not only focus on one specific culture, thus can enhance students‟ ICC. Moreover, for Indonesian curriculum developer, it is suggested to provide an opportunity for Indonesian EFL teachers to develop their intercultural knowledge and encourage their intercultural teaching so that they are more familiar with intercultural context and more willing to promote ICC in their students. For further researcher, i t i s sugges ted to conduct qualitative research in the same topic. By conducting qualitative research in the same topic, it will provide further and deeper explanation in the result.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120062
Uncontrolled Keywords: Key words: ICC, Indonesian EFL Teachers.
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:22
Last Modified: 08 Oct 2024 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188415
[thumbnail of Ratna Cahyasari..pdf] Text
Ratna Cahyasari..pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item