Anggraini, Narulita. and Peptia Asrining Tyas, S.Pd., M.Pd. (2021) Students’ Perception Towards Emergency Remote Learning Environment. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pandemi Covid-19 berdampak pada semua sektor termasuk pendidikan. Gangguan tersebut memaksa semua kegiatan pendidikan beralih dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran virtual untuk mencegah penyebaran virus korona. Pergeseran darurat ini disebut sebagai Emergency Remote Learning (ERL). Beberapa studi sebelumnya hanya berfokus pada media dan gaya pembelajaran selama pandemi dan tidak membahas aspek lingkungan belajar yang lebih luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana mahasiswa mengalami ERL selama pandemi melalui enam sub-dimensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain survei dengan instrumen kuesioner. Data yang terkumpul dari 164 partisipan dianalisis menggunakan Aggregate Mean Score (AMS) untuk mengetahui nilai rata-rata tingkat persepsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mempersepsikan ERL secara positif melalui subdimensi yang tersedia. Beberapa saran muncul untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh. Sejak pandemi mulai berakhir karena vaksinasi massal, ERL akan segera beralih ke blended-learning. Oleh karena itu, penelitian di masa depan harus dilakukan untuk menyarankan dan mempromosikan lingkungan belajar yang aman karena perubahan mendadak pendidikan dalam beberapa tahun terakhir
English Abstract
COVID-19 pandemic has impacted all sectors including education. In order to prevent the spread of the virus, all educational activities have been shifted from in-person learning to virtual learning. This emergency shift is called Emergency Remote Learning (ERL). Previous works have only focused on the learning media and styles during pandemic. They failed to address the wider aspect of the learning environment. The aim of this study is to investigate how university students experience ERL during pandemic through six sub-dimensions under ERL. This study applies quantitative methods and survey design using a questionnaire as the instrument. The data gathered from 164 participants were analyzed using Aggregate Mean Score (AMS) to find the average value of perception level. The result shows that students perceive the ERL positively through the sub-dimensions. Some suggestions emerge to improve the quality of remote learning. Since the pandemic begins to end due to the mass vaccinations, ERL will be switched to blended-learning shortly. Therefore, future research should be carried out to suggest a safe learning environment because of educational sudden change in recent years.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521120058 |
Uncontrolled Keywords: | Keywords: COVID-19, learning environment, perception |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | yulia Chasanah |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 03:45 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 08:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188380 |
Text
NARULITA ANGGRAINI.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |