The Use of MIXLR and SPOTIFY App to Increase Students’ Vocabulary Mastery and Listening Skills

Aisy, Siti Rihhadatul and Yulia Hapsari, S.Pd., M.Pd. (2021) The Use of MIXLR and SPOTIFY App to Increase Students’ Vocabulary Mastery and Listening Skills. UNSPECIFIED thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sambil meningkatkan kosakata melalui mendengarkan, siswa sering mendengar apa yang mereka dengar tetapi bingung dengan apa yang mereka dengar. Salah satu aspek yang pasti dari proses belajar mengajar adalah pemilihan media yang tepat untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan mendengarkan, yang juga menjadi salah satu alasan penggunaan aplikasi musik sebagai media pembelajaran. Penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa tentang penggunaan aplikasi MIXLR dan SPOTIFY sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan mendengarkan mereka. Penelitian ini juga bermanfaat dalam meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan mendengarkan dengan aplikasi musik MIXLR dan SPOTIFY serta memberikan kontribusi yang bermanfaat dalam proses belajar mengajar. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017 Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online kepada 104 siswa dari Program Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017. Untuk menganalisis data dilakukan beberapa langkah yaitu pengkodean data, analisis statistik, interpretasi hasil, dan pelaporan temuan. Untuk menghitung rata-rata data digunakan Microsoft Excel 2010 dan SPSS. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki tingkat interpretasi yang tinggi (M=3.973), angka ini berarti rata-rata yang diperoleh dari semua item dalam menghitung Standar Deviasi dengan SPSS. Para siswa juga memiliki respon positif dalam menggunakan aplikasi musik gabungan sebagai media pembelajaran sehingga mereka dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan mendengarkan melalui aplikasi musik gabungan. Penelitian ini dapat bermanfaat bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan studi survei persepsi siswa dalam menggunakan MIXLR dan SPOTIFY sebagai media pembelajaran. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lain terkait dengan aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan kosakata dan keterampilan mendengarkan dan mungkin ingin mengembangkan aplikasi yang

English Abstract

While increasing the vocabulary through listening, students often hear what they hear but are confused by what they hear. One of the definite aspects of the teaching and learning process is the selection of the right media to increase vocabulary mastery and listening skills, which is also one of the reasons for using music applications as learning media. This study was to find out the students‟ perception about the use of the MIXLR and SPOTIFY applications as a learning media to improve their vocabulary mastery and listening skills. This research is also useful in increasing vocabulary mastery and listening skills with MIXLR and SPOTIFY music applications and making a useful contribution in teaching and learning. The participant of this research is students from batch 2017 of English Language Education at Universitas Brawijaya. This research used survey research design. The data were collected by distributing an online questionnaire to 104 students from batch 2017 of English Language Education Program. To analyze the data, several steps were carried out namely coding the data, statistical analysis, interpreting the results, and reporting findings. To calculate the mean of the data Microsoft Excel 2010 and SPSS were employed. The finding of this study reveals that the students have a high interpretation level (M=3,973), this number means the mean obtained from all items in calculating Standard Deviation with SPSS. The students also have positive responses on using combined music applications as learning media that they can increase their vocabulary mastery and listening skills through combined music applications. This research can be useful for the future researchers who want to conduct survey study on students‟ perception in using MIXLR and SPOTIFY as an instructional media. Future researchers could conduct other researched related to applications that could use to improved vocabulary mastery and listening skills and may wanted to develop applications that did not had to

Other obstract

-

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Identification Number: 0521120032
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: aplikasi-aplikasi musik, media pembelajaran, persepsi siswa, penguasaan kosakata dan keterampilan mendengarkan.
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:29
Last Modified: 11 Oct 2024 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188162
[thumbnail of Siti Rihhadatul Aisy.pdf] Text
Siti Rihhadatul Aisy.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item