Mustapidaturrohmah, Nelly and Dr. Putu Dian Danayanti Degeng, S.S., M.Pd. (2021) Analisis Konten Budaya pada Buku Text Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pembelajaran bahasa tidak lepas dari pembelajaran budaya. Mempelajari bahasa asing berarti mempelajari budaya asing. Akan tetapi, budaya bukanlah sesuatu yang dapat dipelajari secara langsung, terutama budaya asing dimana tidak ada akses langsung terhadap budaya tersebut, oleh karena itu budaya harus diajarkan secara eksplisit (Liddicoat, 2004), yang dapat dilakukan melalui buku teks. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud untuk menganalisis aspek budaya apa dan dimensi budaya apa yang direpresentasikan pada dua buku teks bahasa Inggris yang berjudul "English for Elementary School Students Grade 6" dan ''Grow with English book 6 ''. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, khususnya analisis isi. Penelitian ini juga mengadopsi teori dari Cortazzi dan Jin (1999) dan Adaskou, Britten, dan Fahsi (1990). Dalam penelitian ini, temuan penelitian menunjukkan bahwa buku teks English for Elementary School Students Grade 6 lebih banyak mengandung budaya sumber daripada budaya target dan budaya internasional, sedangkan buku teks Grow with English Grade 6 lebih banyak mengandung budaya target dari pada budaya sumber dan budaya internasional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa aspek sosiologis merupakan aspek yang paling sering muncul pada kedua buku teks dibandingkan dengan aspek estetika, aspek semantik dan aspek pragmatik
English Abstract
-
Other obstract
Language learning cannot be separated from cultural learning. Learning a foreign language means learning foreign culture. Culture, however, is not something that can be learned directly, especially in foreign cultures where there is no immediate access to the culture, therefore it should be taught explicitly (Liddicoat, 2004), which can be done through a textbook. In this study, the researcher intends to analyze what kind of cultural aspects and what cultural dimensions are represented in two English textbooks entitled "English for Elementary School Students grade 6" and ‘’Grow with English book 6’’. This research was qualitative descriptive research, particularly content analysis. This research also adopted frameworks from Cortazzi and Jin (1999) and Adaskou, Britten, and Fahsi (1990). In this research, the findings showed that the English for Elementary School Students Grade 6 textbook contained more source culture than target culture and international culture, while Grow with English Grade 6 textbook contained more target culture than source culture and international culture. The findings also showed that the sociological sense was the most prominent sense occurring in the two textbooks compared to the aesthetic sense, semantic sense and, pragmatic sense.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521120024 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis Konten Budaya, Budaya, Buku Text Bahasa Inggris, Aspek Budaya, Dimensi Budaya |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | yulia Chasanah |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 02:14 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 02:06 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188116 |
Text
Nelly Mustapidaturrohmah.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |