Bahasa Tabu Pada Wanita Yang Ditemukan di Komentar Instagram Pangeran Mateen.

Maha Putra, Dimas Yoga. and Muhammad Rozin, SS, MA. (2021) Bahasa Tabu Pada Wanita Yang Ditemukan di Komentar Instagram Pangeran Mateen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa merupakan bagian dari kehidupan manusia yang berfungsi sebagai salah satu alat komunikasi satu sama lain. Adanya berbagai jejaring sosial (penelitian ini berfokus pada Instagram) memudahkan terjalinnya komunikasi jarak jauh. Kebebasan berkomentar ini menjadi sarana bagi masyarakat, khususnya perempuan untuk bisa berkomentar tentang apapun. Hal ini pada akhirnya berdampak pada terkikisnya aturan-aturan di masyarakat itu sendiri mengenai ciri atau ciri bahasa yang harus dan tidak boleh digunakan oleh perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena data penelitian berupa kalimat - kalimat yang diperoleh dari kolom komentar postingan Instagram @tmski. Penelitian menggunakan bahasa tabu dari Zhou Ningjue (2010) dalam menganalisis jenis-jenis bahasa tabu dan peneliti menganalisis jenis-jenis bahasa tabu yang digunakan dengan dukungan penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari 19 data yang diambil, jenis bahasa tabu yang paling sering digunakan oleh perempuan di kolom komentar akun Instagram Pangeran Mateen adalah Kecabulan karena komentar tersebut mengarah pada ciri perbedaan anatomi gender atau fungsi seksual dan ekskresi dengan cara yang kasar. . (2) Penggunaan bahasa tabu yang digunakan oleh perempuan mengarah pada sebentuk budaya penggemar karena tidak ada unsur objektifikasi. Penelitian ini memiliki keterbatasan dan kekurangan dalam banyak hal. Hasil penelitian ini juga menimbulkan keingintahuan terhadap topik tersebut. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut dari peneliti. Demikian beberapa saran untuk peneliti selanjutnya yang ingin mempelajari topik yang sama. (1) media sosial lain yang dapat digunakan untuk mencari kata-kata tabu yaitu contohnya Twitter dan Facebook, (2) kategori kata-kata tabu lainnya.

English Abstract

Language is a part of human life that functions as communication tool to each other. The existence of a variety of social networks (this research focuses on Instagram) facilitates the establishment of long-distance communication. This freedom of commenting, becomes a means for society, especially for women to be able to comment on anything. This ultimately has an impact on the erosion of rules in society itself regarding the characteristics or characteristics of language that should and should not be used by women. This research is a qualitative descriptive study because the research data is in the form of sentences obtained from the @tmski Instagram post comments column. The study used taboo language from Zhou Ningjue (2010) in analyzing the types of taboo language and the researcher analyzed the types of taboo language used with the support of previous research. The results of the study show that: (1) Of the 19 data taken, the most common type of taboo words used by the women in the comments column of Prince Mateen's Instagram account is Obscenity because these comments lead to characterizing gender anatomical differences or sexual function and excretion in a crude way. (2) The use of taboo words by women is a form of fan culture because there is no element of objectifying someone. This research has a limitation and lack in many ways. The result of this study also creates some curiosity regarding this topic. Because of that, the researcher further research is needed. These are some suggestions for the next researcher who wants to study the same topic. (1) the other media social that can be used to find the taboo words which are Twitter and Facebook, (2) the other categories of taboo words

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521120010
Uncontrolled Keywords: Tabu, kekerasan seksual, budaya penggemar cabul. Pangeran Mateen, Instagram, bahasa wanita
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: yulia Chasanah
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:02
Last Modified: 22 Feb 2022 07:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/188007
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- DIMAS YOGA MAHA PUTRA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item