Rachman, Rafi and Dr. Panji Deoranto,, STP., MP and Wendra Gandhatyasri Rohmah,, S.T.P., M.P (2021) Perencanaan Strategi Pengembangan Usaha Kopi Bubuk dengan Integrasi SWOT-FAHP (Studi Kasus UKM Sido Luhur Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memproduksi hasil olahan kopi robusta dengan hasil pengolahan sejumlah 65.414ton berdasarkan data BPS Provinsi Jawa Timur tahun 2018. Salah satu daerah yang mengolah kopi robusta adalah Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. UKM Sido Luhur merupakan salah satu UKM yang mengolah biji kopi robusta menjadi kopi bubuk. Saat ini UKM Sido Luhur mengalami beberapa permasalahan dalam pengembangan usahanya yaitu, sistem manajemen SDM yang belum maksimal, perolehan bahan baku yang kurang berkualitas, belum tersedianya SOP untuk proses produksi, pemasaran produk yang hanya dilakukan secara konvensional, dan munculnya kompetitor sejenis. Perencanaan strategi pengembangan usaha penting dilakukan untuk mengembangkan perusahaan maupun mengatasi kendala-kendala yang menghambat perkembangan suatu perusahaan, agar dapat berkembang dan bersaing dipasaran dengan kompetitor sejenis. Tujuan penelitian ini adalah memberikan rekomendasi alternatif strategi dan urutan prioritas strategi pengembangan usaha berdasarkan faktor internal dan eksternal UKM Sido Luhur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah integrasi SWOT dan FAHP. Hasil analisis SWOT didapatkan strategi alternatif yaitu Startegi alternatif yang digunakan adalah meningkatkan pangsa pasar (ST-1), melakukan kerjasama dengan industri besar maupun para pelaku usaha kopi lainnya agar tercapai tujuan usaha (ST-2), meningkatkan motivasi dan etos kerja agar dapat bekerja lebih efektif dan efisien (ST-3), membuat strategi pemasaran serta memanfaatkan media sosial dan e-commerce dalam memasarkan produk (ST-4), meningkatkan kualitas produk agar dapat menarik konsumen (ST-5), melakukan diversifikasi produk (ST-6), membuat SOP terkait proses produksi (ST- 7), dan mempertahankan loyalitas konsumen (ST-8). Urutan prioritas strategi alternatif pengembangan usaha UKM Sido Luhur dengan metode FAHP diperoleh strategi alternatif yang menjadi prioritas pertama adalah melakukan diversifikasi produk dengan skor 0,160. Diversifikasi produk perlu dilakukan agar dapat menyesuaikan dengan keiinginan konsumen dan memberikan inovasi terbaru tentang produk yang dijual. Hal tersebut dapat memberikan dampak positif bagi UKM Sido Luhur seperti, mendapatkan laba yang lebih besar dan menjaga eksistensi dari UKM Sido Luhur
English Abstract
East Java is one of the provinces in Indonesia that produces processed robusta coffee with processing results of 65,414 tons based on BPS data of East Java Province in 2018. One of the areas that process robusta coffee is Bangelan Village, Wonosari District, Malang Regency. UKM Sido Luhur is one of the SMEs that processes robusta coffee beans into ground coffee. Currently, UKM Sido Luhur is experiencing several problems in developing its business, namely, the HR management system that is not maximized, the acquisition of raw materials that are of low quality, the unavailability of SOPs for the production process, product marketing that is only done conventionally, and the emergence of similar competitors. It is important to plan a business development strategy to develop a company and overcome obstacles that hinder the development of a company so that it can develop and compete in the market with similar competitors. The purpose of this study is to provide recommendations for alternative strategies and the priority order of business development strategies based on internal and external factors of Sido Luhur SMEs. The method used in this study is the integration of SWOT and FAHP. The results of the SWOT analysis obtained alternative strategies, namely alternative strategies used are increasing market share (ST-1), collaborating with large industries and other coffee business actors to achieve business goals (ST-2), increasing motivation and work ethic to work more effective and efficient (ST-3), making marketing strategies and utilizing social media and e-commerce in marketing products (ST-4), improving product quality to attract consumers (ST-5), diversifying products (ST-6), making SOPs related to the production process (ST-7), and maintaining consumer loyalty (ST-8). The order of priority for the alternative strategy of developing UKM Sido Luhur business with the FAHP method is obtained an alternative strategy that becomes the priority is to diversify products with a score of 0.160. Product diversification needs to be done to be able to adapt to consumer desires and provide the latest innovations about the products being sold. This can have a positive impact on Sido Luhur SMEs, such as getting bigger profits and maintaining the existence of UKM Sido Luhur
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521100189 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan Usaha, Kopi Bubuk, SWOT, FAHP, Daya Saing,Business Development Strategy, Ground Coffee, SWOT, FAHP, Competitiveness |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 28 Dec 2021 07:26 |
Last Modified: | 10 Oct 2024 07:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/187694 |
Text
Rafi Rachman.pdf Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |