Pengaruh Kualitas Layanan Instalasi Farmasi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Amelia

Siahaan, Sahat Manampin (2017) Pengaruh Kualitas Layanan Instalasi Farmasi Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit Amelia. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rumah sakit merupakan institusi yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna serta menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat. Proses pelayanan di rumah sakit tidak bisa dilepaskan dari unit penunjang laboratorium dan instalasi farmasi (IFRS). Instalasi farmasi sangat berperan penting terhadap keberlangsungan operasional rumah sakit. Kualitas pelayanan farmasi rumah sakit menunjuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan dalam menimbulkan kepuasan pasien sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata masyarakat. Kepuasan merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan yang digunakan untuk melihat baik atau buruk kinerja layanan tersebut, karena tingkat kepuasan pasien terhadap layanan bisa mempengaruhi keinginan untuk mencari layanan tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui pengaruh kualitas layanan instalasi farmasi (tempat farmasi, sikap petugas, kecepatan pelayanan, pemberian informasi dan edukasi obat, dan ketersediaan obat) terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Amelia secara simultan, parsial dan dominan. Hasil penelitian juga dapat dijadikan dasar dalam penataan pengembangan program peningkatan kualitas layanan farmasi yang sesuai dengan harapan pasien, dan menjadikan layanan IFRS Amelia menjadi pilihan untuk memperoleh obat. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua dimensi kualitas layanan farmasi berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien. Tiga dimensi dimensi kecepatan pelayanan, pemberian informasi dan edukasi obat serta ketersediaan obat berpengaruh secara sebagian terhadap kepuasan pasien. Faktor yang dominan berpengaruh kualitas layanan farmasi terhadap kepuasan pasien rawat jalan adalah faktor ketersediaan obat.

English Abstract

Hospital was institutions that are implementing health services individuals in plenary and prepared inpatient service, outpatient and emergency.The service in the hospital cannot be released of the unit of supporting laboratory and installing pharmaceutical ( ifrs ).Installation pharmaceutical play an important role important to hospital operational sustainability.The quality of services pharmaceutical hospital pointed at the level of perfection services for cause satisfaction patients in line with the rate satisfaction the average the community. Satisfaction is one of indicators the quality of services used to see good or bad performance these services , because the level of satisfaction patients to service of could affect desire to find these services .Research is expected to know the influence of the quality of services installation pharmaceutical a pharmaceutical , attitude officers , speed service , the provision of information and education medicine , and the availability of medicines of satisfaction outpatients at the hospital amelia simultaneously , partial and the dominant . The results of the study can also used as the basis in the arrangement the development program of increasing the quality of services pharmaceutical in conformity with expectation patients , and renders service ifrs amelia be an option to obtain medicine .The research is research observational analytic with the approach cross sectional .Data analysis to research this using analysis linear regression multiple. The research results show that all dimensions the quality of services pharmaceutical influential together to satisfaction patients.Three dimensions dimensions speed service, the provision of information and education medicine and the availability of medicines influential be partially to satisfaction patients.Factors that dominant influential the quality of services pharmaceutical to satisfaction outpatients is a factor the availability of medicines.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.106 8/SIA/p/2017/041704131
Uncontrolled Keywords: HOSPITAL CARE - QUALITY CONTROL, PHARMA CETICAL SERVICES, PATIENT SATISFACTION
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.106 8 Management
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Biomedis, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Aug 2017 02:04
Last Modified: 24 Nov 2021 06:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1874
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (393kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of BAB VII.pdf]
Preview
Text
BAB VII.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item