“Iki Kentang” : Inovasi Bisnis Kuliner Food Stand Keripik Kentang Spiral Sebagai Alternatif Usaha di Masa Pandemi

Hartono, Nadia Novitasari (2021) “Iki Kentang” : Inovasi Bisnis Kuliner Food Stand Keripik Kentang Spiral Sebagai Alternatif Usaha di Masa Pandemi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Seiring berjalannya waktu, bisnis makanan bertumbuh dan selalu mengalami kenaikan. Variasi makanan berkembang secara terus menerus, tidak terkecuali makanan ringan. Makanan ringan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia dan membuat permintaan pasar akan makanan ringan terus meningkat. Peluang usaha ini mendorong Iki Kentang untuk turut menawarkan inovasi dalam penyediaan makanan ringan bagi masyarakat. Penggunaan alat pengolahan yang unik, harga yang kompetitif, dan porsi yang besar menjadikan Iki Kentang memiliki keunggulan untuk dapat bersaing dalam industri makanan. Iki Kentang merupakan usaha makanan ringan berbentuk food stand yang didirikan pada tanggal 17 Januari 2021. Outlet pertama Iki Kentang berada di Jalan Garuda 19 Karangpandan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Produk yang ditawarkan oleh Iki Kentang adalah keripik kentang dengan berbagai varian rasa. Iki Kentang berinovasi pada proses pembuatannya dimana kentang segar beserta kulitnya yang telah dicuci akan diiris menggunakan mesin khusus yang dapat memotong kentang dengan ketebalan yang sangat tipis. Proses pengolahan ini langsung dapat disaksikan oleh konsumen ketika melakukan pembelian. Iki Kentang diharapkan dapat terus berkembang dengan pembukaan cabang dan juga kerjasama dalam bentuk franchise.

English Abstract

Food is one of the essential needs for human living. As time goes by, food and beverages business grows into huge industry sector. Food variety widened into lots of food types with different mixture, production process, taste, etc. Snack is a kind of food, usually in small portion, and eaten as light meal. Based on a survey, snack industry in Indonesia is prospective as Indonesian people like to add snack into their daily meal and market’s demand of snack increases from time to time. This fact brings up snack as a good business opportunity. Therefore, Iki Kentang offers all time favorite snack with an innovation in the making process. Unique making process, competitive price, and big portion are Iki Kentang’s competitive advantage in snack industry competition. Iki Kentang is a food stand that offers potato chips with unique making process. Iki Kentang started to operate in January 17th, 2021. The first outlet of Iki Kentang is located at Garuda Street 19 Karangpandan Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Iki Kentang produces ready to eat potato chips with many variant of seasoning, such as barbeque, roasted beef, cheese etc. Iki Kentang offers an innovation and uniqueness on making process which fresh potato is cut by spiral potato slicer resulting thin and spiral potato slices. The cutting process can be seen by consumer at the food stand. Iki Kentang has a vision to be well-known in Indonesia by developing outlet branch and franchise system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521100151
Uncontrolled Keywords: Kewirausahaan, Bisnis Makanan, Keripik Kentang,Entrepreneurship, Food Business, Potato Chips
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 03 Nov 2021 02:26
Last Modified: 03 Oct 2024 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186366
[thumbnail of NADIA NOVITASARI HARTONO.pdf] Text
NADIA NOVITASARI HARTONO.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item