Sugianti, Anggie Fitris (2021) Strategi Mitigasi Risiko Pemasaran Minuman Sari Buah Nanas (Studi Kasus di UKM Murni Mandiri, Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Buah nanas merupakan jenis tanaman tropis sub sektor holtikutura yang banyak dibudidayakan di wilayah Indonesia. UKM Murni Mandiri merupakan produsen sari buah nanas yang terletak di Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Adanya peluang dan potensi yang didapatkan tidak terlepas dari kendala yang harus dihadapi berupa tingginya tingkat risiko pemasaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy-FMEA) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Empat variabel dari bauran pemasaran antara lain product, price, promotion dan place. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urutan prioritas risiko pemasaran serta strategi mitigasi risiko pemasaran yang tepat untuk minuman sari nanas pada UKM Murni Mandiri. Hasil penelitian pada perhitungan fuzzy FMEA didapatkan nilai FRPN tertinggi pada variabel product yaitu risiko desain kemasan serupa dengan produk sejenis (3,472), variabel price yaitu risiko munculnya pesaing baru yang harganya relatif lebih murah (3,087), variabel promotion yaitu risiko kurangnya minat beli produk oleh konsumen (2,905) dan variabel place yaitu risiko konsumen sulit mendapatkan produk (3,710). Pada perhitungan menggunakan metode AHP didapatkan 4 strategi mitigasi risiko pemasaran yaitu alternatif strategi menggunakan desain label dan merek produk yang menarik (0,510), alternatif strategi penentuan harga kompetitif (0,460), alternatif strategi meningkatkan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial (0,513) dan alternatif strategi meningkatkan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial (0,510).
English Abstract
Pineapple is a type of tropical plant in the horticulture sub sector which is widely cultivated in Indonesia. UKM Murni Mandiri is a pineapple extract producer located in Ngancar District, Kediri Regency. The opportunities and potentials obtained cannot be separated from the obstacles that must be faced in the form of a high level of marketing risk. The method used in this research is Fuzzy Failure Mode and Effect Analysis (Fuzzy-FMEA) and Analytical Hierarchy Process (AHP). Four variables from the marketing mix include product, price, promotion and place. This study aims to determine the order of marketing risk priorities and the appropriate marketing risk mitigation strategy for pineapple extract at UKM Murni Mandiri. The results of calculations using the fuzzy FMEA method show that, the highest FRPN value on the product variable, the highest FRPN value is the risk of packaging design similar to similar products (3.472), the price variable is the risk of the emergence of new competitors whose prices are relatively cheaper (3.087), the promotion variable is the risk of lack of interest in buying products by consumers (2,905) and the place variable is the risk consumers find it difficult to get the product (3.710). In calculations using the AHP method, there are 4 marketing risk mitigation strategies, namely alternative strategies using attractive product label and brand designs (0.510), competitive pricing (0.460), alternative strategies to improve marketing communication strategies through social media (0.513) and alternative strategies to improve marketing communication strategies through social media (0.510).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0521100112 |
Uncontrolled Keywords: | AHP, Fuzzy FMEA, Risiko Pemasaran, Namako,AHP, Fuzzy FMEA, Marketing Risk, Namako |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 06:34 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 01:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186206 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anggie Fitris Sugianti.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |