Penerapan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan AHP (Analytical Hierarchy Process) (Studi Kasus Kedai Kopi Bang Raden Kota Bekasi, Jawa Barat)

Perdana, Adrian Rizky Agung (2021) Penerapan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan AHP (Analytical Hierarchy Process) (Studi Kasus Kedai Kopi Bang Raden Kota Bekasi, Jawa Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan tren jumlah kebutuhan terhadap komoditas kopi mengalami peningkatan. Permintaan konsumsi kopi yang meningkat dimanfaatkan berbagai pihak sebagai peluang usaha dengan membuka kedai kopi. Peningkatan konsumsi kopi juga menyebabkan persaingan bisinis minuman kopi dengan produk sejenis. Kedai Kopi Bang Raden merupakan salah satu kedai kopi yang menyajikan berbagai minuman yang terletak di Kota Bekasi. Adanya persaingan bisinis sejenis menyebabkan beberapa masalah bagi kedai kopi tersebut diantaranya belum tercapainya target penjualan per bulan. Rata-rata penjualan minuman kopi perbulan yaitu 1800 gelas kopi. Namun, angka tersebut belum sesuai dengan target penjualan yang mencapai 2500 gelas kopi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan penelitian sehingga perusahaan dapat meningkatkan penjualan dan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kekuatan maupun kelemahan dari perusahaan, serta mengetahui strategi prioritas yang dapat digunakan perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Metode SWOT dan Metode AHP. Analisis SWOT digunakan untuk memaksimalkan kekuatan dan peluang namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman perusahaan. Selain itu, analisis SWOT dapat menghasilkan beberapa alternatif strategi yang efektif. Metode AHP digunakan untuk menentukan prioritas alternatif strategi yang tepat dalam pengembangan dan pemasaran perusahaan. Penelitian ini melibatkan responden ahli dan dan responden umum. Responden ahli yang dipilih merupakan responden pakar yang berjumlah 3 orang, yaitu 1 pemilik kedai kopi, 1 orang penanggung jawab produksi dan 1 orang penanggung jawab pemasaran. Responden umum yang dipilih yaitu konsumen kedai kopi Bang Raden sebanyak 100 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yang paling berpengaruh terhadap pemasaran dari segi kekuatan yaitu rasa produk 0,32. Faktor internal kelemahan yang paling berpengaruh adalah tidak ada perencanaan inovasi dan pengembangan produk 0,12. Faktor eksternal peluang yang paling berpengaruh di kedai kopi Bang Raden adalah segmentasi pasar yang luas 0,58. Faktor eksternal ancaman yang paling berpengaruh di kedai kopi Bang Raden adalah produk pesaing yang lebih inovatif 0,12. Berdasarkan analisis SWOT didapatkan nilai IFE 2,54 dan EFE 2,35, sehingga strategi yang sesuai untuk diterapkan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk. Urutan 3 prioritas uttama alternatif strategi yaitu melakukan perencanaan inovasi produk secara berkala (WO-2) dengan bobot sebesar 0,199; Meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana (WT-2) dengan bobot sebesar 0,170; Meningkatkan promosi (WO-1) dengan bobot sebesar 0,163.

English Abstract

The trend development of the number of needs for coffee commodities has increased. The increasing demand for coffee consumption is used by various parties as business opportunities by opening coffee shops. The increase in coffee consumption has also led to competition in the coffee beverage business with similar products. Bang Raden Coffee Shop is a coffee shop that serves a variety of drinks located in Bekasi City. The existence of similar business competition causes several problems for the coffee shop, including not achieving the sales target per month. The average sales of coffee drinks per month is 1800 cups of coffee. However, this figure is not in accordance with the sales target of 2500 cups of coffee. To overcome these problems, research needs to be done so that the company can increase sales and be able to compete with similar companies. The purpose of this research is to find out the strengths and weaknesses of the company, and to know the priority strategies that the company can use in developing its business. The method used in this research is the SWOT method and the AHP method. SWOT analysis is used to maximize strengths and opportunities but at the same time minimize company weaknesses and threats. In addition, a SWOT analysis can produce several effective alternative strategies. The AHP method is used to determine the appropriate strategic alternative priorities in the development and marketing of the company. This study involved expert respondents and general respondents. The expert respondents selected were expert respondents, totaling 3 people, namely 1 coffee shop owner, 1 person in charge of production and 1 person in charge of marketing. The general respondents selected were Bang Raden coffee shop consumers as many as 100 people. The results showed that the most influential internal factor on marketing in terms of strength was product taste 0.32. The most influential internal weakness factor is that there is no innovation planning and product development 0.12. The most influential external opportunity factor in Bang Raden's coffee shop is a broad market segmentation of 0.58. The most influential external threat factor at Bang Raden's coffee shop is a competitor's product which is more innovative 0.12. Based on the SWOT analysis, the IFE value is 2.54 and EFE 2.35, so the appropriate strategy to be applied is market penetration and product development. The order of 3 main priorities for alternative strategies is to carry out product innovation planning on a regular basis (WO-2) with a weight of 0.199; Improving x facilities, facilities and infrastructure (WT-2) with a weight of 0.170; Increase promotion (WO-1) with a weight of 0.163.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0521100104
Uncontrolled Keywords: Kedai Kopi, Strategi Pemasaran, SWOT, AHP,Coffee Shop, Marketing Strategy, SWOT, AHP
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.1 Agriculture > 338.16 Production efficiency
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Oct 2021 03:29
Last Modified: 04 Oct 2024 01:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186155
[thumbnail of Adrian Rizky Agung Perdana.pdf] Text
Adrian Rizky Agung Perdana.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item