Penyelidikan Validitas Ultrasonic Pulse Velocity dalam Mencitrakan Keretakan Miring pada Beton Normal dengan Variasi Sudut Kemiringan Retak

Adi Nugroho, Candra (2021) Penyelidikan Validitas Ultrasonic Pulse Velocity dalam Mencitrakan Keretakan Miring pada Beton Normal dengan Variasi Sudut Kemiringan Retak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

" Semakin meningkatnya kebutuhan akan pembangunan konstruksi di Indonesia berbanding lurus dengan angka meningkatnya kebutuhan material konstruksi salah satunya beton, salah satu kelemahan beton adalah kuat tariknya yang lemah. Sehingga dapat mengakibatkan munculnya retakan sebagai penanda bahwa tegangan tarik yang terjadi telah mencapai batas maksimum. Apabila retak telah berada pada fisik beton maka diperlukan penanganan yang cepat dan intensif, namun bentuk, pola, maupun kedalaman retak pada beton tidak dapat diprediksi hanya dengan melihatnya secara superfisial. Sehingga diperlukan pemeriksaan dengan cara Non Destructive Test untuk mendeteksi adanya retak pada beton salah satunya Ultrasonic Pulse Velocity (UPV). Penelitian ini memanfaatkan beton normal 28 hari berupa balok tanpa tulangan berukuran 0,2 x 0,2 x 0,7 m yang diberi retak buatan pada bagian tengahnya dengan variasi sudut kemiringannya yaitu 90o, 60o, dan 45o. Retak tersebut memiliki kedalaman vertikal yang sama sebesar 0,8 m sebagai pengunci agar pembahasan tidak meluas. Metode Indirect digunakan dalam pengujian ini dengan jarak 10 cm dari garis retak. Dengan menggunakan PUNDIT PL-200 yang mengikuti kaidah BS 1881. Hasil dalam penelitian ini terdapat adanya pengaruh yang ditimbulkan akibat adanya variasi sudut kemiringan retak pada beton. Diantaranya semakin tidak akurat pembacaan UPV serta rasio waktu tempuh gelombang yang kecil. "

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052107
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username agussusilo
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:05
Last Modified: 23 Feb 2022 01:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/186045
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI_FT_CANDRA ADI NUGROHO_175060107111028 - CANDRA ADI NUGROHO(1).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item