Pengaruh Kualitas Pelayanan Wisata dan Leisure Benefit terhadap Kepuasan Pengunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Petik Buah Kusuma Agrowisata Batu)

Putri, Ravelia Rizki Ika (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Wisata dan Leisure Benefit terhadap Kepuasan Pengunjung (Survei pada Pengunjung Wisata Petik Buah Kusuma Agrowisata Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Pratama Putra merupakan salah satu perusahaan jasa transportasi berupa bus. Berdiri pada tahun 1999 di Kabupaten Sidoarjo. PT. Pratama Putra berfokus pada pelayanan angkutan wisata, ziarah wali, studi wisata, angkutan karyawan, angkutan jamaah haji, dan event-event besar lainnya. Perusahaan ini mengalami perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun dan memiliki ± 35 unit bus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis layak tidaknya investasi aktiva tetap pada PT. Pratama Putra. Hasil penelitian ini memberikan fakta bahwa PT. Pratama Putra memiliki potensi yang baik untuk menginvestasikan aktiva tetap. Hal tersebut ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran, aspek manajemen dan organisasi, serta aspek keuangan yang mendukung diadakannya investasi tersebut. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil analisis yang didaptkan menunjukkan adanya investasi yang layak untuk dilakukan. Ditinjau dari aspek pasar dan pemasaran menunjukkan bahwa investasi tersebut memiliki peluang yang besar karena peningkatan jumlah konsumen. Berdasarkan aspek keuangan menunjukkan bahwa secara keseluruhan analisis keuangan dengan pertimbangan keuangan meliputi average rate of return, payback period, internal rate of return dan profitability index layak dilaksanakan."

English Abstract

This research aims to explain : Tourism Sevice Quality (X1) and Leisure Benefit (X2) simultaneosly and parcially to the Visitor Satisfaction (Y). The type of research used is explanatory with quantitative approach. These research variables include Tourism Sevice Quality,Leisure Benefit , and Visitor Satisfaction. The population in this research were customers with minimum age of 17 years who have visited Kusuma Agrowisata at least once. The sample used in this research as many as 116 respondents taken by using purposive sampling and data collection methods using a questionnaire. Data analysis used is descriptive statistical analysis and multiple linier regression analysis. The data in this study was processed using SPSS 21 for Windows. The result of multiple linier regression analysis showed that variable Tourism Service Quality (X1) and Leisure Benefit (X2) are simultaneously and parcially have signification influence to Visitor Satisfaction (Y). Simultaneously, F test is 84,112 and F table is 3,077 with sig.F 0,000. Parcially Tourism Service Quality (X1) was T test 6,872 and Leisure Benefit (X2) was T test 6,297. Based on the result, variable of Tourism Service Quality and Leisure Benefit had significant influence on Visitor Satisfaction.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052103
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Wisata, Leisure Benefit, dan Kepuasan Pengunjung, : E-Service Quality, Perceived Value, E-Customer Satisfaction
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username nurmasudah
Date Deposited: 24 Oct 2021 04:53
Last Modified: 24 Sep 2024 06:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185742
[thumbnail of Ravelia Rizki Ika Putri.pdf] Text
Ravelia Rizki Ika Putri.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item