Praktek Membaca Extensive di SMP Negeri 1 Singosari.

Febriati., Vivia Agarta (2021) Praktek Membaca Extensive di SMP Negeri 1 Singosari. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam mempelajari bahasa, pembelajar perlu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mereka untuk membantu proses belajarnya. Membaca adalah salah satu kemampuan dalam Bahasa Inggris yang harus dikuasai pembelajar. Membaca dibagi menjadi dua, membaca extensif dan membaca intensif. Kemampuan membaca bisa ditingkatkan dengan mempraktekkan membaca extensif menggunakan Bahasa Inggris dengan rutin, contohnya, membaca text Bahasa Inggris yang diminati. Fenomena terjadi ketika peneliti menemukan sekolah yang memiliki program bernama Literacy activity. Sekolah tersebut sudah menerapkan programnya dengan konsisten. Peneliti menggunakan 63 siswa dari kelas 7 sebagai subjek dari penelitian. Indikator penerapan membaca extensif diambil dari Brown (1994), Harmer (2001), Broughton (2003), juga Day and Bamford (2004). Oleh karena itu, peneliti melakukan analisis pada membaca extensif pada siswa terkait pelaksanaannya dan manfaat yang bisa didapatkan sebagai pembelajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Penelitian ini menyelidiki penerapan dari membaca extensif di sekolah tersebut dan manfaat dari penerapannya sebagai tambahan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana sekolah tersebut menerapkan kegiatan membaca extensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Ada dua instrumen sebagai teknik pengambilan data yaitu interview dan kuesioner. Subjek dari penelitian ini merupakan guru BahasaInggris dan 63 siswa dari kelas 7 di SMP Negeri 1 Singosari pada tahun ajaran 2019/2020. Hasil dari analisis wawancara menunjukkan bahwa ada beberapa prinsip dari penerapan kegiatan membaca extensif yang masih belum dilaksanakan.viii Penggunaan membaca extensif membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya. Hasil dari penelitian ini diharapkan penelitian ini bisa membantu peneliti selanjutnya untuk meneliti lebih dalam lagi mengenai penggunaan membaca extensif dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris atau sebagai acuan dalam melaksanakan penelitian selanjutnya dalam bidang yang sama.

English Abstract

In learning a language, learners need to improve their English skills to support their learning process. Reading is one of the English skills that has to be mastered by learners. Reading is divided by two types, extensive reading and intensive reading. Reading skills can be improved by practicing extensive reading to the English language regularly, for example, reading to English text which preferred. A phenomenon occurred when researcher found school who had a program called Literacy activity. The school has implemented the program consistently. The researcher used 63 students in seventh grade as the subject of the study. The indicators of the implementation of extensive reading were taken from Brown (1994), Harmer (2001), Broughton (2003), also Day and Bamford (2004). Therefore, the researcher did an analysis on extensive reading regarding its practice dan its usage for students as learners in English for Foreign Language. This research investigated the implementation of extensive reading in the school and the benefits for the students itself as additional data. The purposes of this research were exploring how the school implement the extensive reading activity. This research used a qualitative approach. There were two instruments as the data collection which are interviews and questionnaires. The subjects of this research were an English teacher and 63 students of seventh grade in SMP Negeri 1 Singosari in the academic year 2019/2020. The result of the interview analysis showed that there are some principles in implementing extensive reading activity that has not been executed. The use of extensive reading help students in improving their English skill. The implicationvi for the further researcher is that this research can help the next researcher exploring deeply about the use of extensive reading in improving English skills or being reference in conducting another investigation at the same field

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 13:21
Last Modified: 23 Sep 2024 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185645
[thumbnail of vivia agarta.pdf]
Preview
Text
vivia agarta.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item