Purwaningsih, Umi Farida (2021) Kecemasan Berbicara Siswa EFL di Sekolah Vokasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kecemasan adalah perasaan cemas yang dirasakan seseorang ketika menghadapi sesuatu yang mungkin memicunya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki tingkat kecemasan berbicara siswa. Desain penelitian dari penelitian ini adalah penelitian berbasis survei. Untuk pengumpulan data, digunakan kuesioner FLCAS yang diadaptasi oleh Zhou (2007) yang didistribusikan dalam bentuk tautan Google Form kepada 140 siswa kelas 11 di SMK Negeri 2 Trenggalek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa kebetulan mengalami tingkat kecemasan yang cukup sedang. Siswa yang menderita kecemasan berbicara sebagian besar karena ketakutan akan evaluasi negatif yang dapat menyebabkan siswa mengembangkan rasa rendah diri dan menurunkan harga diri mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Kesimpulannya, siswa telah mengalami tingkat kecemasan tertentu dalam belajar bahasa Inggris yang dapat menghambat mereka untuk memperoleh bahasa tersebut. Harapannya, peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam tentang kecemasan berbicara atau berbicara dengan menambahkan lebih banyak variabel pada penelitian, seperti wawancara lanjutan untuk mendukung temuan
English Abstract
Anxiety is an anxious feeling people felt when faced with something that might trigger it. The intention of this study is going to investigate the degree of students’ speaking anxiety. The research design of this study is survey-based research. For the data collection, it used an adapted FLCAS questionnaire by Zhou (2007) that was distributed in a form of a Google Form link to 140 11 graders in SMK Negeri 2 Trenggalek. The result shows that most of the students happened to experience a considerably moderate degree of anxiety. Students who are suffering from speaking anxiety are mostly because of the fear of negative evaluation that can cause the students to develop a sense of inferiority and lower their self-esteem in speaking English. In conclusion, students have experienced a certain degree of anxiety in learning English that can hinder them from acquiring the language. Hopefully, the future researcher can conduct a more thorough study on speaking or speaking anxiety by adding more variables to the research, such as follow-up interviews to support the finding.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 12:55 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 06:39 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185624 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Umi Farida Purwaningsih.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |