Persepsi Guru Pra Jabatan Terhadap Pembelajaran Online pada Program Praktek Mengajar Ditengah Pandemi Covid-19”.

Ardiyansyah,, Try Probo (2021) Persepsi Guru Pra Jabatan Terhadap Pembelajaran Online pada Program Praktek Mengajar Ditengah Pandemi Covid-19”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program Praktik Mengajar adalah program yang ditujukan bagi mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris (ELEP) di perguruan tinggi untuk mengembangkan keterampilannya dalam mengajar bahasa Inggris dan meningkatkan kompetensi profesionalnya untuk menjadi guru di sekolah. Guru Prajabatan diperbolehkan untuk mempraktekkan teori yang telah diperoleh pada mata kuliah yang telah diajarkan. Namun, pandemi Covid-19 yang terjadi mengharuskan Program Praktek Mengajar ini dilaksanakan secara online. Oleh karena itu, merupakan pengalaman baru untuk mengajar bahasa Inggris secara online bagi guru prajabatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru prajabatan terhadap pembelajaran online di Program Praktek Mengajar di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini melibatkan 110 responden Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang sudah ditetapkan pada masa pandemi sebagai subjek penelitian. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Aspek yang terkait dengan Program Praktek Mengajar diambil dari Ayu Shalihah (2019), diadaptasi dari Ismail (2011). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Microsoft Excel. Penelitian ini menemukan bahwa Program Praktik Mengajar dalam pembelajaran online menghasilkan persepsi positif dari responden. Mayoritas responden setuju bahwa Program Praktek Mengajar dalam pembelajaran online membantu dalam meningkatkan kompetensi mengajar mereka. Aspek-aspek dalam Program Praktik Mengajar memberikan halhal positif kepada responden, antara lain meningkatkan kemampuan bahasa dan komunikasi, mengembangkan kompetensi mengajar, memperdalam persiapan mengajar dan kemampuan manajerial, serta menjadikan mereka pribadi yang lebih baik sebagai guru bahasa Inggris. Penelitian ini hanya berfokus pada persepsi guru prajabatan terhadap Pembelajaran Online pada Program Praktik Mengajar. Oleh karena itu, penulis mengharapkan peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian serupa dan mendalami masalah ini, seperti sulitnya pembelajaran online dalam program praktik mengajar menggunakan penelitian desain lain atau pendekatan kualitatif.

English Abstract

Teaching Practice Program is a program intended for English Language Education Program (ELEP) students at universities to develop their skills in teaching English and improve their professional competence to become a teacher in schools. Pre-Service Teachers are allowed to practice the theory that has been obtained in the courses that have been taught. However, the Covid-19 pandemic that occurred required this Teaching Practice Program to be carried out online. Therefore, it is a new experience to teach English online for pre service teachers. This study aims to find out how pre service teachers perceive online learning in Teaching Practice Program amid the Covid-19 pandemic. This study involved 110 respondents of the English Language Education Study which was determined during the pandemic as research subjects. The design used in this research is a survey. Therefore, this study uses a questionnaire as an instrument to collect data. Aspects related to the Teaching Practice Program are taken from Ayu Shalihah (2019), adapted from Ismail (2011). The data collected were analyzed using Microsoft Excel. This study found that the Teaching Practice Program in online learning generated positive perceptions from respondents. The majority of respondents agree that the Teaching Practice Program in online learning helps in improving their teaching competence. Aspects in the Teaching Practice Program gave positive things to respondents, including improving their language and communication skills, developing their teaching competencies, deepening their teaching preparation and managerial skills, and making them better individuals as English teachers. This study only focuses on the pre service teachers’ perception toward Online Learning in Teaching Practice Program. Therefore, the author expected future researchers to conduct similar studies and deeply explore this issue, such as the difficulty of online learning in teaching practice program using other design research or qualitative approaches.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 12:50
Last Modified: 11 Oct 2024 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185622
[thumbnail of Try Probo Ardiyansyah.pdf] Text
Try Probo Ardiyansyah.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item