Tasya,, Syifa Febrianti (2021) Dapatkah Subtitle Bahasa Inggris pada Film Mendukung Belajar Mandiri dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata? Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kosakata adalah salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam keterampilan bahasa Inggris. Karena kosakata mendukung empat keterampilan bahasa Inggris, siswa harus memiliki kosakata besar untuk berhasil dalam pembelajaran bahasa Inggris mereka. Penguasaan kosakata berarti siswa mengenal dan memahami kata tersebut dan siswa dapat menggunakannya dengan tepat dalam sebuah kalimat. Kosakata baru dapat diperoleh dari Media apa pun. Kosakata baru dapat diperoleh dari Media apa pun. Saat ini, menonton film menjadi kebiasaan sehari-hari bagi para siswa, dan beberapa menganggapnya sebagai hobi mereka. Dengan menonton film dengan subtitle bahasa Inggris, siswa dapat menikmati dan belajar secara bersamaan. Film bersubtitle bahasa Inggris membantu siswa meningkatkan penguasaan kosakata mereka dengan manfaat yang ditawarkan subtitle bahasa Inggris kepada siswa. Karena keterbatasan waktu di kelas, siswa didorong untuk bertanggung jawab atas kebutuhan belajar mereka sendiri, yang disebut Pembelajaran mandiri. Pembelajaran mandiri adalah gaya belajar di mana peserta didik harus mengontrol pembelajaran mereka, termasuk pemilihan materi, tujuan pembelajaran, dan strategi. Dengan demikian, dalam penelitian ini, peneliti akan mencari tahu persepsi siswa terhadap penggunaan Subtitle Bahasa Inggris pada Film untuk mendorong belajar mandiri dalam meningkatkan penguasaan kosakata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian survei. Melibatkan 147 peserta mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2017 dan 2018. Kuesioner yang diadaptasi dari Self-Directed Learning Readiness (SDLR) oleh Fisher, dkk.(2001) dan sikap mahasiswa terhadap penggunaan film di pembelajaran bahasa Inggris oleh Puspitasari (2019), dibagikan kepada peserta melalui obrolan pribadi dengan format Google menggunakan teknik simple random sampling dan data yang terkumpul dianalisis menggunakan komputasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-management memiliki skor 83.27%, keinginan untuk belajar mendapat skor 79.94%, dan terakhir pengendalian diri dengan skor 95,50%. Pada setiap pernyataan sub-dimensi mendapat respon positif dari para peserta. Hasilnya, mengungkapkan bahwa film subtitle bahasa Inggris dapat digunakan sebagai media untuk mendukung pembelajaran mandiri siswa dalam meningkatkan penguasaan kosakata mereka.
English Abstract
Vocabulary is one of the components that have an important role in English language skills. Since vocabulary supports four English skills, the students must have large vocabularies to succeed in their English learning. Mastering vocabulary means that the students recognize and understand the word and the students can use it appropriately in a sentence. New vocabulary can be obtained from any Media. Nowadays, watching a movie becomes a daily habit for the students, and some have considered it their hobby. By watching a movie with English subtitles, the students can enjoy and learn at the same time. The English subtitled movie helps students enhance their vocabulary mastery by the benefits that English subtitle offers to the students. Due to the limited amount of time in class, the students are encouraged to be responsible for their own learning needs, called Self-directed learning. Self-directed learning is the learning style in which the learners have to control their learning, including material selection, learning goals, and strategies. Thus, in this study, the researcher will find out the students‟ perception toward using English Subtitles on Movies to promote their Selfdirected learning in Enhancing vocabulary mastery. This research used a quantitative method with survey research as the design. It involves 147 participants of students of the English Language Education Program on batch 2017 and 2018. The questionnaire, adapted from Self-Directed Learning Readiness (SDLR) by Fisher, et al. (2001) and the student‟s attitude towards the use of films in learning English by Puspitasari (2019), distributed to the participants through personal chat with Google format used a simple random sampling technique and the collected data is analyzed used simple computation. The study results show that self-management scored 83.27%, desire to learn scored 79.94%, and last self-control scored 95.50%. Each statement of subdimensions had a positive response from the participants. From the result, it revealed that the English subtitled movie can be used as a medium to promote the students‟ self-directed learning in enhancing their vocabulary mastery.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 23 Oct 2021 12:33 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185613 |
Text
SYIFA FEBRIANTI TASYA.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |