Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Berbasis Kearifan Lokal dan Kurikulum 2013 Untuk Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar.

Hidayat,, Rizka Septin (2021) Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Berbasis Kearifan Lokal dan Kurikulum 2013 Untuk Siswa Kelas Tiga Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Buku bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang penting dalam mendukung proses pembelajaran bahasa Inggris untuk anak anak. Selain itu, buku bahasa inggris juga belum tersedia secara official karena pelajaran bahasa Inggris bukan lagi pelajaran pokok di sekolah dasar. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan English textbook sesuai dengan kearifan lokal dan kurikulum 2013 untuk sekolah dasar kelas tiga. Penelitian ini dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) bedasarkan Borg & Gall model. Penelitian ini dilakukan dengan 5 tahapan yaitu principle of product development, syllabus development, expert’s validation, operational product revision, and final product. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner, interview, dan lembar validasi. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk menganalisis data. Berdasarkan data analisis dari validasi, data menunjukan bahwa buku valid dan dapat digunakan. Respon dari ahli pada lembar validasi menunjukan bahwa buku yang dikembangkan sangat menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran di setiap bab. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian ini dan melakukan Try-out.

English Abstract

English books are one of the important things in supporting the process of learning English for children. In addition, English books are also not officially available because English lessons are no longer the main subject in elementary schools. Therefore, the purpose of this study is to develop an English textbook in accordance with local culture and the 2013 curriculum for grade 3 elementary schools. This research was conducted using the Research and Development (R&D) method based on the Borg & Gall model. This research was conducted by using 5 stages, namely principle of product development, syllabus development, expert's validation, operational product revision, and final product. The instruments used in this study were questionnaires, interviews, and validation sheets. Researchers used qualitative methods to analyse the data. Based on the analysis data from the validation, the data showed that the book is valid and can be used. The response from the expert on the validation sheet s that the book developed is very interesting and in accordance with the learning objectives in each chapter. The researcher suggests that the future researcher can continue the research and conduct the Try-out.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 23 Oct 2021 00:50
Last Modified: 24 Feb 2022 07:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185218
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rizka Septin Hidayat.pdf
Restricted to Registered users only until 2023.

Download (17MB)

Actions (login required)

View Item View Item