Analisis Isi “When English Rings the Bell” untuk siswa kelas VIII SMP

Oldy, Moch. (2021) Analisis Isi “When English Rings the Bell” untuk siswa kelas VIII SMP. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan buku siswa “When English Rings the Bell” untuk siswa kelas VIII SMP dengan ranah kognitif dan afektif pembelajaran taksonomi bloom. Sebagaimana hari ini, untuk mengaplikasikan buku yang tepat dan cocok dengan siswa menjadi sangat krusial khususnya buku yang diharapkan mampu untuk mendorong kemampuan kognitif dan affektif pada siswa Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai metode penelitiannya. Data diambil dari sumber utama yaitu buku siswa berjudul “When English Rings the Bell” yang ditulis oleh Kementerian Pendidikan Republik Indonesia. Peneliti menganalisis buku teks berdasarkan teori taksonomi bloom ditinjau dari ranah kognitif dan afektif dengan mencari kata kerja operasional yang ada pada materi dan tugas yang ada pada buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku “When English Rings the Bell” secara kognitif dan afektif disetujui untuk digunakan siswa dan guru dalam proses belajar mengajar. Peneliti menemukan 368 kata kerja operasional ditinjau dari ranah kognitif pembelajaran. Pada ranah afektif pembelajaran, peneliti menemukan 183 verba operasional. Oleh karenanya, ini menunjukkan bahwa “When English Rings the Bell” dapat memprovokasi domain kognitif dan afektif belajar siswa. Materi dan tugas dalam buku sangat berkaitan erat dengan taksonomi bloom pada tataran HOTS (High Order Thinking Skill) dan LOTS (Low Order Thinking Skill) dan hasil penilaian pendidikan nasional dalam Permendikbud 2016 tentang taksonomi bloom. Oleh karena itu, materi dan tugas dalam buku lebih kreatif, lebih beragam dan menantang. Akibatnya, buku tersbut membuat siswa merasa lebih terlibat dalam pembelajaran dan diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran Pada bagian akhir, analisis buku memerlukan beberapa saran dalam upaya untuk memperbaiki buku. Dalam penelitian ini, saran untuk pengembang materi dan peneliti selanjutnya. Bagi pengembang materi perlu adanya modifikasi kegiatan dan penilaian siswa dalam buku agar lebih menyesuaikan dengan tingkat belajar siswa. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan yang telah diperoleh siswa pada bab sebelumnya. Bagi peneliti selanjutnya akan lebih baik untuk mengamati terlebih dahulu penerapan buku di kelas agar hasil observasi dan aplikasi pengajaran lebih sinkron dengan hasil analisis yang lebih baik

English Abstract

This research aims at finding the correlation of student’s book called “When English Rings the Bell” for eight graders of junior high school with cognitive and affective domain of learning on bloom taxonomy. As of today, to find the right and suitable book for student is crucial especially the textbook that highly encourage and provoke the cognitive and affective domain of learning. This research applied descriptive qualitative as its research method. The data are derived from the main source which is student’s book called “When English Rings the Bell” written by Indonesia Ministry of Education. Researcher analyzed the textbook based on a theory of bloom taxonomy in term of cognitive and affective domain by finding the operational verbs that exist in the materials and the assignments in the book The result showed that the book called “When English Rings the Bell” is cognitively and affectively approved for students and teachers to use in teaching learning process. Researcher discovered 368 operational verbs in term of cognitive domain of learning. In affective domain of learning, researcher discovered 183 of operational verbs. It, therefore indicates that “When English Rings the Bell” may provoke student’s cognitive and affective domain of learning. The materials and the assignments in the book are strongly correlated with bloom taxonomy on HOTS (High Order Thinking Skill) and LOTS (Low Order Thinking Skill) and national educational assessment outcome in Permendikbud 2016 on bloom taxonomy. Therefore, the materials and the assignments in the book is more creative, more diverse and challenging. Consequently, this makes the students feel more engaged and expected to actively participate in the teaching learning In the end, textbook analysis requires some suggestion in attempt to improve the textbook. In this research, the suggestions are for the material developer and further researcher. For material developer, there is a need to modify the activities and assessments for students in the book in order to better adjust with the level of learning of students. It aims at improving the knowledge student’s already obtained in the previous chapter. For further researcher, it will better and much wiser to firstly observe the implementation of the book in the classroom so that the result of observation and teaching application are better synchronized for a better result of analysis

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 22 Oct 2021 07:33
Last Modified: 03 Oct 2024 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185089
[thumbnail of mohammad oldy.pdf] Text
mohammad oldy.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item