Jannah, Miftahul (2021) Mengetahui Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Aplikasi Video Conferencing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris di tengah Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Covid-19 yang sudah mewabah di seluruh penjuru dunia termasuk di Indonesia menimbulkan dampak yang cukup besar dalam beberapa aspek kehidupan salah satunya aspek pendidikan. Adanya covid-19 membuat seluruh pembelajaran dilakukan secara online menggunakan beberapa aplikasi pembelajaran berbasis teknologi, salah satunya yaitu aplikasi video conference. Aplikasi video conference memiliki peran yang cukup penting dalam proses pembelajaran online karena dapat mengganti proses tatap muka yang biasanya digunakan dalam kelas tradisional. Dalam penggunaan aplikasi video conference, tentunya terdapat persepsi yang berbeda yang muncul dari mahasiswa. Penting sekali mengetahui persepsti tersebut agar dosen dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki, ditambahkan, dikurangi, dll agar pembelajaran online dapat berjalan secara maksimal. Dengan mempertimbangkan alasan tersebut, peneliti melakukan sebuah survey pada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya untuk mengetahui persepsi mereka tentang penggunaan aplikasi video conference untuk belajar bahasa Inggris ditengah pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode survei dalam proses pengumpulan data. Peneliti menggunakan kuesioner yang berisi 10 item sebagai instrumen penelitian ini. Penelitian ini memiliki responden yang berjumlah 135 orang dari seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya tahun ajaran 2017 sampai 2020. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan SPSS versi 17.0. dan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi yang positif terhadap penggunaan aplikasi konferensi video untuk belajar bahasa Inggris di tengah pandemi covid-19. Dengan prosentasi skor rata-rata 87,7%, sebagian besar siswa setuju bahwa aplikasi konferensi video yang mereka gunakan cukup efisien dalam belajar bahasa Inggris selama pandemi. Mereka menganggap aplikasi yang mereka gunakan mudah diaplikasikan dalam proses pembelajaran online. Mereka bisa mendapatkan masukan/feedback langsung dari dosen. Selain itu, aplikasi yang mereka gunakan dapat menggantikan ruang kelas tradisional menjadi kelas online selama masa pandemi. Hal ini dapat membantu siswa untuk mendukung peningkatan kemampuan bahasa Inggris mereka. Sebagian besar partisipanviii percaya bahwa aplikasi konferensi video yang mereka gunakan sangat menyenangkan, praktis, ekonomis, dan terjangkau
English Abstract
Covid-19, a pandemic that has spread over the world, including to Indonesia, has had a significant impact on many aspects of society, including education. Because of the existence of covid-19, all learning occurs online using a variety of technology-based learning applications, one of which is video conferencing. Because they can replace the face-to-face approach that is typically employed in traditional classrooms, video conferencing applications play a significant part in the online learning process. Students have different perceptions on the use of video conferencing applications. It is crucial to understand this perception so that lecturers can determine what has to be enhanced, added, decreased, and so on in order for online learning to function properly. In context of the present study, the researchers conducted a survey of English Language Education students at Universitas Brawijaya's Faculty of Cultural Studies to discover about their perceptions of using video conferencing applications to learn English in the midst of the covid-19 pandemic. This research used quantitative approach and survey method in collecting the data. The researcher used questionnaire that consists of 10 items as an instrument of this study. There were 135 respondents from all of the students of the English Education Program Universitas Brawijaya in the academic year of 2017 until 2020. In analyzing the data, the researcher used SPSS ver. 17.0. and Microsoft Excel 2016. The result of the study showed that the students have positive perception towards the use of video conferencing applications to learn English amid covid- 19. With a mean score of 87.7%, most of the students agree that video conferencing application that they used is efficient in learning English during Covid-19. They think the application that they used is easy to use. They can get immediate feedback from their lectures. In addition,the application that they use can substitute traditional classroom into online classroom during covid-19. It can help students to support the improvement of their English skills. Majority of the participants believe that video conferencing application that they use are enjoyable, practical, economical, and affordable in internet consumption
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 22 Oct 2021 07:18 |
Last Modified: | 22 Feb 2022 07:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/185077 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Miftahul Jannah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |