Handayani,, Hikmah Lusian (2021) Penggunaan Materi Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Kejuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penggunaan bahan ajar yang tepat menjadi salah satu hal yang penting untuk mencapai tujuan dalam pengajaran Bahasa Inggris. Pemilihan bahan ajar menjadi sesuatu yang penting untuk memudahkan siswa dalam belajar bahasa Inggris khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pengajaran Bahasa Inggris di SMK berkaitan dengan pengajaran kontekstual yang tentunya juga berkaitan dengan penggunaan materi yang lebih dekat dengan dunia nyata dimana peserta didik berinteraksi. Oleh karena itu, materi yang otentik menjadi salah satu materi yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar karena materi tersebut dibuat secara kontekstual atau berkaitan dengan kehidupan nyata. Selain itu, pengintegrasian materi berbasis konten lokal juga dapat memberikan banyak manfaat bagi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru tentang penerapan materi yang otentik di kelas bahasa Inggris di SMK. Partisipan dalam penelitian ini adalah lima guru bahasa Inggris dari lima SMK yang berlokasi di Pacet, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur. Wawancara tersebut bertujuan untuk menggali informasi dari partisipan mengenai kesadaran akan pentingnya materi yang otentik dan berbasis konten lokal, tipe dan sumber dari materi yang otentik, kriteria dalam memilih materi yang otentik, implementasi materi di kelas serta rekomendasi, alasan dan kesulitan dalam penerapan materi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru SMK di Pacet memiliki persepsi positif terhadap penggunaan materi otentik dalam pengajaran bahasa Inggris. Mereka mengetahui dan familier dengan materi yang otentik dan menyadari pentingnya penggunaan materi tersebut di kelas. Selain itu juga dapat disimpulkan bahwa semua guru menerapkan materi yang otentik dalam pengajarannya. Dengan demikian, disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mengetahui lebih dalam tentang materi berbasis konten lokal dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMK.
English Abstract
The use of appropriate learning materials becomes one important thing to achieve the goal in English language teaching. The selection of teaching materials can be very important to make the student easier in learning English, especially in vocational high school. Teaching English at vocational school is also related to contextual teaching which must be related to the use of materials that are closer to the real world where the learners interact. Therefore, authentic materials become one of the materials that can be used in the teaching-learning process because it is made contextually or is related to real-life material. Additionally, the integration of local content-based materials also provides many benefits for the students in learning English. The goal of this study is to find out teachers’ perceptions on the implementation of authentic materials in English classrooms in vocational high schools. The participants were five English teachers from five vocational high schools located in Pacet, Mojokerto, East Java, Indonesia. The data of this research were gathered using a semi-structured interview. The interview covered information from participants regarding the awareness of authentic materials and local contentbased materials, types and sources of authentic materials, the criteria in selecting authentic materials, the implementation of authentic materials in class, the recommendation, and the reason and challenges on using authentic materials. The result reports that all teachers in vocational high schools in Pacet have positive perceptions of the use of authentic materials in teaching English. They have known and are familiar with authentic materials and are also aware of the use of authentic materials in class. It also can be concluded that all the teachers are implemented authentic materials in their teaching. Accordingly, it is recommended for the further researcher to find out more deeply about local content-based materials and their implementation during English language learning in vocational high schools
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 14:57 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 01:48 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184804 |
![]() |
Text
Hikmah Lusian Handayani.pdf Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |