Novianti,, Fikky Aulia (2021) Korelasi Antara Pencapaian Tatabahasa dan Menulis pada Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris Semester Ketiga di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tata bahasa merupakan komponen pada menulis yang harus dikuasai dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Penguasaan tata bahasa penting bagi siswa, terutama bagi mereka yang ingin meningkatkan tulisannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan tatanahasa dengan prestasi menulis pada mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris semester ketiga Universitas Brawijaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan desain penelitian korelasional. Sampel penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester tiga yang diambil dari kelas tata bahasa menengah dan kelas menulis esai. Dalam pengumpulan data, digunakan dokumentasi nilai tata bahasa dan nilai menulis siswa. Kedua nilai tersebut dikumpulkan dari dosen mata kuliah tata bahasa dan menulis karena peneliti tidak memiliki kualifikasi untuk membuat tes. Dalam penelitian ini data berupa angka, Oleh karena itu data dihitung secara statistik dengan menggunakan Pearson product Moment (SPSS). Hasil dari penelitian ini adalah nilai koefisien korelasi (ro) sebesar 0,137. Hal ini dibuktikan dengan membandingkan nilai (ro) dengan rtabel. Nilai (ro) sebesar 0,137 dan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan df 138 sebesar 0,159. Artinya (ro) lebih kecil dari rtabel (ro 0,137 < 0,159 rtabel). Hal ini juga dibuktikan dengan membandingkan thitung. Hasil perbandingan thitung dengan ttabel adalah thitung 1,64016 < ttabel 1,65581. Artinya thitung lebih kecil dari ttabel. Oleh karena itu, tidak ada hubungan yang signifikan antara penguasaan tata bahasa siswa dan kinerja menulis. Selain itu, hipotesis alternatif (H1) ditolak karena thitung lebih kecil dari ttabel dan hipotesis nol (H0) diterima. Korelasi yang sangat lemah menunjukkan bahwa jika siswa yang memiliki tingkat tata bahasa minimum tidak berarti mereka juga mendapatkan kinerja yang buruk dalam menulis. Area aspek yang mencakup pemahaman siswa tentang tata bahasa dan menulis mungkin terpengaruh termasuk kesalahan tata bahasa: kata kerja pasif, tegang, dan bentuk kesepakatan subjek-kata kerja, urutan kata, preposisi, artikel, pluralitas dan bantu, dan hal-hal retoris dari berbagai jenis (organisasi, kohesi, kesatuan; kesesuaian dengan audiens, topik, dan kesempatan). Di sisi lain, dengan penggunaan skala penilaian pada rubrik penilaian menulis, siswa yang lemah dalam kemampuan tata bahasa pada tulisan mereka mungkin baik dalam aspek lain. Artinya penguasaan tata bahasa siswa dan kinerja menulis siswa tidak saling mempengaruhi
English Abstract
Grammar is the component of the writing skill that should be mastered in English language learning activities. Therefore, mastering grammar is essential for students, especially for those who want to improve their writing. This study aims to find out the correlation between grammar mastery and writing performance at the third semester of English Language Education Program Students of Universitas Brawijaya. This study was quantitative research and used correlation as a research design. The samples of this study were the entire student in the third semester taken from intermediate grammar class and essay writing class. In collecting the data, the documentation of students' grammar scores and writing scores are used. Both of the scores were collected from the lecturer of grammar and writing subject since the researcher did not have any qualifications to make the test. In this study, the data were in the form of numbers. Therefore, the data were computed statistically by using Pearson Product Moment (SPSS). The finding of the research shows that the value of the coefficient of correlation (ro) is 0.137 and the value of rtable at the significant standard of 5% with df 138 is 0.159. It means that (ro) is lower than rtable (ro 0.137 < 0.159 rtable). It is also proven by comparing the tcount. The result of comparing tcount with ttable is tcount 1.64016 < 1.65581 ttable. It means that the tcount is lower than ttable. Hence, there is a very weak and no significant correlation between students' grammar mastery and writing performance. Moreover, the alternative hypothesis (H1) was rejected because tcount is lower than ttable, and the null hypothesis (H0) was accepted. The very weak correlation indicated that if students who had a minimum grammar level did not mean they also got bad performance in writing. The aspect area that covers students’ comprehension of grammar and writing might be affected including grammatical errors: passive verb, tense, and form subject-verb agreement, word order, prepositions, articles, plurality and auxiliaries, and rhetorical matters of various kinds (organization, cohesion, unity; appropriateness to the audience, topic and occasion). With the use of a rating scale on a writing scoring rubric, students who were weak in grammar ability on their writing might be good in other aspects. It means that students' grammar mastery and students writing performance were not affected by each other.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 13:23 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 01:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184767 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
FIKKY AULIA NOVIANTI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |