Roffandi, Devenda Kartika (2021) Menjelajahi Strategi Menulis Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing di Kelas Komposisi Pesantren Al-Mawaddah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Menulis adalah salah satu keterampilan yang sulit bagi siswa Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Siswa EFL membutuhkan strategi untuk mengatasi masalah dalam menulis. Banyak penelitian telah meneliti strategi menulis dalam konteks ESL. Namun, sangat sedikit penelitian yang meneliti strategi menulis oleh siswa sekolah asrama dalam konteks pembelajaran bahasa asing. Berdasarkan alasan tersebut, peneliti melakukan survei dalam konteks EFL untuk memperkaya kajian. Penelitian ini membahas tentang strategi menulis yang paling banyak digunakan oleh siswa. Strategi penulisan di sini didasarkan pada kuesioner English Writing Strategies Inventory (EWSI) oleh Hwang & Lee (2017). Penelitian ini menggunakan desain survei dengan pendekatan kuantitatif. Kuesioner yang direspon oleh santri di kelas Komposisi Pondok Pesantren Al Mawaddah berjumlah 159 buah. Nilai alpha instrumen adalah 0,709 yang menunjukkan kuesioner dapat digunakan untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar yang dominan pada fase sebelum menulis adalah mempertimbangkan ide sebelum menulis esai dan terdapat 6,6% siswa memilih strategi tersebut. Sedangkan pada fase menulis, gaya belajar yang paling dominan adalah memeriksa alur logis melalui paragraf, ada 6,5% siswa memilihnya untuk strategi. Pada fase setelah menulis, gaya belajar yang dominan adalah mereview tulisan untuk mencari dan mengoreksi kesalahan tata bahasa dan ada 6,7% siswa memilihnya untuk strategi. Sebagian besar siswa menunjukkan frekuensi penggunaan strategi yang tinggi di setiap kategori. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kecenderungan siswa untuk menggunakan EWSI tergolong tinggi. Penelitian ini memberikan beberapa implikasi pedagogis bagi guru sebagai masukan untuk membuat pekerjaan sehari-hari, tugas, dan tugas yang sesuai dengan siswa. Namun demikian, siswa tetap perlu didorong dan dibimbing oleh guru untuk memaksimalkan penggunaan strategi untuk meningkatkan tulisan mereka. Penulis menyarankan peneliti selanjutnya mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan wawancara atau tes kemampuan menulis dan melakukan penelitian di tingkat penulisan berikutnya seperti penulisan akademik
English Abstract
Writing is one of difficult skills for English as Foreign Language (EFL) students. The EFL students need a strategy to overcome the problems in writing. Many studies had examined writing strategies in ESL context. However, very few studies examined writing strategies by boarding school students within foreign language learning context. Considering that reason, the researcher conducts a survey in EFL context to enrich the studies. This study discussed about the writing strategies mostly used by the students. The writing strategies here are based on the English Writing Strategies Inventory (EWSI) questionnaire by Hwang & Lee (2017). This study employed a survey design under a quantitative approach. There were a total of 159 questionnaires responded by the students in Composition class of Al Mawaddah Islamic Boarding School. The alpha value of the instruments was 0.709 which indicates the questionnaire can be used for collecting the data. The result of this study shows that the predominant learning style in the before writing phase is considering the ideas before writing an essay and there are 6,6% of students choose it for the strategy. While in when writing phase, the predominant learning style is checking the logical flow through paragraphs there is 6,5% of the students choose it for the strategy. In the after writing phase, the predominant learning style is reviewing the writing to look for and correct grammatical errors and there are 6,7% of students choose it for the strategy. Most the students show a high frequency of strategy use in each category. Therefore, it can be concluded that the tendency of students to use EWSI is categorized as high. This research give some pedagogical implications for teacher as an input to make a daily work, assignment, and tasks which suits the students. Nevertheless, students still need to be encouraged and guided by the teacher to maximize the use of strategy to improve their writing. The writer suggests the next researcher develop this study by using interview or test writing proficiency and conduct research in the next level of writing such as academic writing
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 07:49 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 06:21 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184714 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Devenda Kartika Roffandi.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |