Listyarini, Almaviana Ayu (2021) The Influence of English Phonemic Awareness to Reading Comprehension: A Study on Indonesian EFL Learners. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kesadaran fonemik telah diketahui sebagai salah satu prediktor dalam pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa pertama. Namun, kesadaran fonemik juga diketahui sebagai sebagai prediktor dalam pemahaman bacaan dalam bahasa kedua. Berbagai studi telah menemukan pengaruh-pengaruh kesadaran fonemik pada pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing, akan tetapi sedikit dari penemuan tersebut yang melibatkan pelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, khususnya di Indonesia. Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris memiliki fonem yang berbeda yang dapat memengaruhi pemahaman pelajar dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menginvestigasi korelasi antara kesadaran fonemik dan pemahaman bacaan pelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing, serta mengukur banyaknya pengaruh kesadaran fonemik terhadap pemahaman bacaan mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek dalam penelitian ini mencakup 100 mahasiswa semester tiga dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris,pada salah satu universitas di Indonesia. Dalam proses pengumpulan data, terdapat dua jenis tes yang dilakukan dalam penelitian ini, pertama, tes identifikasi fonem yang bertujuan untuk mengukur level kesadaran fonemik, dan kedua, tes pemahaman bacaaan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan pemahaman bacaan pada mahasiswa. Dalam penelitian ini, nilai pada setiap variabel kemudian dianalisa untuk mengetahui korelasi antara keduanya. Regresi Linear Sederhana juga digunakan untuk mengesahkan pengaruh kesadaran fonemik pada pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kesadaran fonemik memiliki korelasi yang signifikan terhadap pemahaman bacaan, yang ditunjukkan oleh nilai korelasi koefisien (r) antara kedua variabel yang menunjukkan angka .352 dengan level signifikansi .000, sedangkan pada koefisien determinasi (r2) menunjukkan angka .124. Selanjutnya, pada persamaan regresi dari Regresi Linear Sederhana menunjukkan Y = 60.267 + 0.211X, yang berarti jika nilai kesadaran fonemik mengalami kenaikan sebanyak 1 poin, maka nilai pada pemahaman bacaan juga mengalami kenaikan sebanyak 0.211. Kesimpulannya, dapat diartikan bahwa semakin baik kesadaran fonemik yang dimiliki oleh mahasiswa, maka nilai pemahaman bacaan akan semakin baik pula. Dengan kata lain, kesadaran fonemik merupakan salah satu prediktor dalam pemahaman bacaan dalam bahasa Inggris pada pelajar bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia.
English Abstract
Phonemic Awareness has been reported to be one of the predictors to reading comprehension in English as a first language. However, it also comprises the second language reading comprehension. Various studies have reported the effects of English phonemic awareness to reading comprehension in English as a second or foreign language, but less similar research has been reported involving Indonesian EFL learners. Indonesia and English share different phonemes that affect learners' comprehension on English. Therefore, in this study, the researcher aims to investigate the correlation between Indonesian EFL learners‟ phonemic awareness and reading comprehension, which further also measure the strength on how learners‟ phonemic awareness influence their reading comprehension. In this research, quantitative correlational design was applied. The subjects selected were 100 students from the 3rd semester majoring in English Language Education Program, in one of Indonesian university. In order to collect the data, two tests were obtained during this research, the first is phonemic identification test in order to measure the level of phonemic awareness, and the second is reading comprehension test to measure students‟ reading comprehension skill. The score from each variable was further analyzed to find the correlation. Furthermore, simple linear regression was applied to validate the influence of English Phonemic Awareness to English Reading Comprehension. The result shows that phonemic awareness has significant correlation toward reading comprehension, as it revealed that the correlation coefficient (r) value between the two variables shows .352 degrees with the significance level .000, while the coefficient of determination (r2) shows .124 degrees. Furthermore, the regression equation formula from simple linear regression shows Y = 60.267 + 0.211 X, which reveals that if phonemic awareness value increased by 1 point, the value in reading comprehension will also be increased by 0.211. As the result, it can be interpreted that the higher students‟ phonemic awareness, it also leads to the better reading comprehension score. In other words, English phonemic awareness is one of predictor to English reading comprehension of Indonesian EFL Learners.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052112 |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Samsul Arifin |
Date Deposited: | 20 Oct 2021 14:00 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 08:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184425 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Almaviana Ayu Listyarini.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |