Representasi Gender dalam Buku Teks Bahasa Inggris Sekolah Dasar: Analisis Konten

Maharani, Alfionita Dian (2021) Representasi Gender dalam Buku Teks Bahasa Inggris Sekolah Dasar: Analisis Konten. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karena kesetaraan gender menjadi isu global, Kementerian Pendidikan Indonesia juga memiliki peraturan terhadap kesetaraan gender melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 yang diarahkan kepada pengembangan pengembangan sikap dan perilaku yang berkeadilan dengan memperhatikan gender. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah gender terwakili secara setara dalam buku teks bahasa Inggris untuk sekolah dasar berjudul My Next Words. Buku ini digunakan di seluruh SD Muhammadiyah di Sidoarjo, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan analisis isi dalam menganalisis buku teks. Analisis ini didasarkan pada instrumen ceklis evaluasi buku teks pada dimensi butir kebahasaan pada teks monolog dan dimensi ilustrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengelompokkan isi buku teks berdasarkan checklist evaluasi buku teks representasi gender. Dalam proses pencarian hasil penelitian ini, peneliti juga berdiskusi dengan peneliti lain dalam penelitian sejenis juga dengan pembimbing. Pengumpulan data diperoleh melalui analisis dokumen. Untuk analisis data, peneliti mengkategorikan bukti kesetaraan gender dalam buku teks berdasarkan ceklis instrumen penelitian. Hasil dar penelitian ini menunjukkan bahwa representasi gender di semua dimensi adalah 430 (58,1%) untuk laki-laki dan 299 (41,1%) untuk perempuan dengan kesenjangan 17,8% untuk setiap jenis kelamin. Berdasarkan temuan dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa jumlah keseluruhan di semua dimensi, laki-laki lebih mendominasi daripada perempuan. Oleh karena itu, guru harus memberikan pelajaran tambahan di kelas, seperti kegiatan pembelajaran yang berfokus pada representasi kesetaraan gender. Peneliti kedepannya dapat melakukan penelitian tentang pengaruh atau dampak representasi kesetaraan gender pada siswa karena akan memberikan informasi lebih lanjut tentang persepsi siswa terhadap kesetaraan gender.

English Abstract

As gender equality is becoming global issue, Indonesian Ministry of Education also has the regulation towards gender equality through Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 A Tahun 2013 kurikulum diarahkan kepada pengembangan sikap dan perilaku yang berkeadilan dengan memperhatikan kesetaraan gender. The aim of this study is to know whether gender is represented equally in an English textbook for elementary school entitled My Next Words. This book is used in all Muhammadiyah elementary schools in Sidoarjo, East Java. This research uses descriptive qualitative approach and content analysis in analyzing the textbook. This analysis based on textbooks evaluation checklist instruments in language items dimension in monolog texts and illustration dimension. The data is collected by categorizing the contents of the textbook based on the gender representation textbook evaluation checklist. In the process of finding the result of this study, the researcher also discussed with other researcher in similar research also with the supervisor. The data collection is obtained through the document analysis. For the data analysis, researchers categorized evidence on gender equity in textbook based on research instrument checklist. The findings showed that the gender representation in all dimensions were 430 (58.1%) for male and 299(41.1%) for female with 17.8% gap for each gender. Based on the findings and discussion of the research, it can be inferred that the overall number in all dimensions, male is more visible than female. As a result, teachers must provide an additional lesson in the classroom, such as learning activities that focusing on gender equality representation. Researchers in the future can conduct research on the effect or impact of gender equality representation on students because it will provide more information about gender equality in students' perceptions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Oct 2021 13:40
Last Modified: 22 Feb 2022 07:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184419
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
alfionita dian maharani.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item