Environmental Issues in “Grow with English”: A Textbook Analysis

Amanda,, Adni Malika (2021) Environmental Issues in “Grow with English”: A Textbook Analysis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Isu lingkungan adalah masalah global yang telah mempengaruhi seluruh makhluk hidup di bumi ini. Untuk menyelamatkannya, penting untuk mengajarkan dan menyebarluaskan kesadaran isu lingkungan kepada semua orang, agar cara berpikir dan berperilaku mereka dapat berubah. Mengintegrasikan Education for Sustainable Development (ESD) ke dalam materi pembelajaran siswa adalah salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut, namun saat ini masih sulit ditemukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisa konten ESD dalam materi pembelajaran siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi konten yang berkaitan dengan isu-isu lingkungan yang terdapat dalam buku Bahasa Inggris untuk siswa kelas empat sekolah dasar yang berjudul “Grow with English”. Penelitian ini menggunakan metode konten analisis kualitatif untuk menganalisa isi dalam buku. Instrumen penelitian ini berdasarkan kerangka The Earth Charter (2000) dan Roadmap for Implementing the Global Action Program on ESD (2014). Dari dua kerangka tersebut, empat belas prinsip mengenai ESD dipilih untuk menjadi tema ESD yang digunakan untuk mengkelompokkan data yang ditemukkan. Data yang dikumpulkan diklasifikasikan berdasarkan tema ESD yang berasal dari kerangka tersebut. Lalu, data yang telah dikumpulkan akan dianalisa berdasarkan kompetinsi inti ESD dalam pembelajaran bahasa asing yang dibuat oleh UNESCO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 14 tema ESD hanya 8 dari tema tersebut yang terdapat dalam buku. Delapan tema tersebut ditampilakan dalam 70 halaman dari 180 halaman buku. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa data yang ditemukan hanya memenuhi empat kompetensi inti ESD. Ini menunjukkan bahwa buku ini hanya memberi informasi dasar, contoh, dan pemikiran kritis mengenai tema ESD, dan membuat siswa untuk dapat memberi solusi untuk masalah yang terdapat pada tema. Guru yang akan mengguanakan buku bahasa inggris ini dianjurkan untuk lebih mengetahui tentang isu-isu terkait lingkungan yang ditemukan dalam buku ini, dan menggunakan bahan pembelajaran lainnya untuk dapat memenuhi dan meningkatkan tema ESD yang ada maupun tidak ada dalam buku ini.

English Abstract

Environmental issues are a global problem that has been affecting all living things in this world. To save the environment, it is important to teach and spread awareness about environmental issues to everyone, so the way people think and act could change. Integrating Education for Sustainable Development (ESD) into students’ learning materials is one way to solve environmental issues, yet there are still little amount of study that analyzed the ESD content found in students’ learning material. The aims of this study are to investigate the content related to environmental issues in a textbook for the fourth-grade elementary students, entitled “Grow with English. This study uses qualitative content analysis method to analyze the content of the textbook. The research instrument is based on The Earth Charter (2000) and Roadmap for Implementing the Global Action Program on ESD (2014) framework. From the framework, fourteen ESD principles are selected to be the ESD theme to categorize the collected data. The collected data are then analyze according to the core competencies of ESD for teaching foreign language by UNESCO. The result shows that out of fourteen ESD themes, only eight of the themes are available in the textbook. The themes are presented in 70 pages out of 180 pages of the textbook. It is also shows that the eight available themes are only represented the four categories of the ESD core competencies, the textbook only gives basic information, example, and critical reflection to the theme, and develop students’ ability to make possible solution for the theme. Teachers who will use this textbook are recommended to be more aware about the environmental issues found in the textbook and find other teaching material to complement or improve the available themes and fulfill the other ESD themes that are not found in the textbook.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052112
Subjects: 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 20 Oct 2021 11:49
Last Modified: 03 Oct 2024 02:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184395
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adni Malika Amanda.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (18MB)
[thumbnail of Adni Malika Amanda.pdf] Text
Adni Malika Amanda.pdf

Download (18MB)

Actions (login required)

View Item View Item