Studi Kualitatif: Praktik Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Penjamah Makanan di Instalasi Gizi RSUD Bangil.

Karina, Iin Diah (2021) Studi Kualitatif: Praktik Penggunaan Alat Pelindung Diri Pada Penjamah Makanan di Instalasi Gizi RSUD Bangil. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Alat pelindung diri merupakan alat yang mampu memberikan perlindungan terhadap bahaya kecelakaan dan menjaga keselamatan pekerja itu sendiri maupun orang di sekelilingnya. Alat pelindung diri sangat penting untuk digunakan oleh penjamah makanan untuk mencegah terjadinya kontaminasi makanan. Alat pelindung diri yang digunakan oleh penjamah makanan antara lain penutup kepala, masker, celemek, dan sepatu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih dalam terkait praktik penggunaan APD pada penjamah makanan di RSUD Bangil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah in-depth interview dan triangulasi dilakukan untuk menguji keabsahan data. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling pada pegawai penjamah makanan di instalasi gizi RSUD Bangil. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepatuhan penjamah makanan terhadap penggunaan APD sudah baik dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu ketersediaan APD, usia, dorongan rekan kerja serta adanya sosialisasi dan kebijakan, kesulitan pegawai dalam menggunakan APD, dan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan yang dialami penjamah makanan dalam menggunakan APD.

English Abstract

Personal Protective Equipment (PPE) is tools that provides protection for the workers and people around them against accidents and hazards. PPE is very important to be used by food handlers to prevent food contamination. The tools that is used by food handlers include head covering, masks, apron, and shoes. The aim of this study was to analyzed personal protection equipment used on food handlers in nutrition installation RSUD Bangil. This study is a qualitative study. The data collection method used is in-depth interview and triangulations done to test the validity of data. Sampling was carried out by purposive sampling on food handlers at the nutrition installation of RSUD Bangil. From the results of the study, it can be concluded the compliance of food handlers with the use of PPE was good influenced by several factors including the availability of PPE, age, support from co-workers, and socialization & policies, the difficulties of employees in using PPE, and solutions that can be done to overcome the difficulties experienced by food handlers in using PPE.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052106
Uncontrolled Keywords: Personal Protective Equipment, Compliance, Food Handlers
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 613 Personal health and safety > 613.2 Dietetics
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Gizi
Depositing User: agung
Date Deposited: 20 Oct 2021 09:36
Last Modified: 24 Feb 2022 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/184373
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
IIN DIAH KARINA.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item