Utilizing Folktale Movie to Enhance Vocabulary for Ninth Graders at SMP Negeri 10 Malang.

Putri, Ananda Fitriani and Irene Nany Kusumawardani,, S.Hum., M.Li. (2020) Utilizing Folktale Movie to Enhance Vocabulary for Ninth Graders at SMP Negeri 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebagian besar siswa berjuang dalam menguasai kosa kata yang dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor internal dan eksternal. Ada beberapa faktor internal seperti beberapa siswa yang berkelakuan buruk. Mereka melakukan hal-hal lain selama kelas bahasa Inggris seperti berbicara satu sama lain, menggulir media sosial di telepon, bermain game di telepon, dan melakukan pekerjaan rumah lainnya. Sementara faktor eksternal secara khusus merujuk pada metode pengajaran yang diterapkan guru. Guru menggunakan metode langsung dalam mengajar. Dengan bahasa Inggris penuh sebagai media instruksi, tampaknya, para siswa bosan dengan metode dan berjuang untuk memahami instruksi guru yang disampaikan sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Karena itu, guru harus menemukan cara yang efektif untuk mengajar Kosakata. Salah satu cara efektif untuk mengajar kosa kata adalah menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Film ini adalah salah satu TIK yang dapat digunakan untuk mengajarkan kosakata. Semua petunjuk visual dan audio dalam film dapat membantu siswa menyampaikan makna kosa kata dan menarik minat siswa dalam belajar kosa kata. Folktale adalah salah satu genre film yang dianggap potensial untuk mengajarkan kosa kata. Ini memberikan tradisi budaya kehidupan tradisional dan visualisasi modern yang disajikan sebagai sumber ide. Penelitian ini bertujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang diterapkan dalam penelitian ini. Prosedurnya meliputi perencanaan, implementasi, pengamatan, dan refleksi. Partisipan penelitian ini adalah 29 siswa kelas sembilan dan 1 guru bahasa Inggris. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes prestasi (Pra-dan Pasca-tes), catatan lapangan, dan daftar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan film folktale telah berhasil meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Sejak post-test mencapai 79,3% yang kriteria keberhasilannya adalah 75%. Berdasarkan Observasi, penggunaan film cerita rakyat membantu siswa untuk belajar dan mengalami proses belajar kosa kata yang menyenangkan. Peneliti menyimpulkan bahwa mengajar kosa kata dengan menggunakan Film Cerita Rakyat Indonesia sebagai media dapat meningkatkan kosa kata siswa. Peningkatan penguasaan kosakata didasarkan pada analisis dengan skor pre-test dan post-test. Berdasarkan pengamatan, siswa menikmati seluruh proses belajar mengajar karena teknik ini mendorong siswa untuk lebih aktif dan menerima tantangan yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Jadi, mengajar kosa kata melalui film x sebagai media tepat dan efektif untuk digunakan dalam meningkatkan penguasaan kosa kata siswa.

English Abstract

Most of the students are struggling in mastering vocabulary affected by various factors such as internal and external factors. There are several internal factors such as some students were misbehavior. They did other things during the English class like talking to each other, scrolling social media on phone, playing a game on the phone, and doing other homework. While external factors were specifically referring to the teaching method that the teacher applied. The teacher used the direct method in teaching. With full English as the medium of instructions, apparently, the students were bored by the method and struggling to understand teacher instruction which was delivered fully in English. Therefore, the teacher should find an effective way to teach Vocabulary. One of the effective ways of teaching vocabulary is using Information and communication technology (ICT). The movie is one of the ICT that can be used to teach vocabulary. All of the visual and audio clues in the movie can help students convey the meaning of vocabulary and attract students’ interest in learning vocabulary. In this study, students learned about vocabulary of word classes such as noun, adjective, verb and adverb. Folktale is one of movie genre which is considered potential to teach vocabulary. It provides the cultural tradition of folklife and modern visualization presented as a source of idea. This research aims at Classroom Action Research (CAR) is applied in this research. The procedure includes planning, implementing, observing, and reflecting. The participants of this study were 29 students of ninth graders and 1 English teacher. In collecting the data, the researcher used achievement tests (Pre- and Post-test), field notes, and observation checklist. The result of the study showed that using folktale movies has successfully improved students' vocabulary mastery. Since the post-test reached 79,3% which the criteria for success is 75%. Based on the Observation, the use of folktale movies helped the students to learn and experience the enjoyable process of learning vocabulary. The researcher concludes that teaching vocabulary by using Indonesian Folktale Movies as media can improve the students’ vocabulary. The improvement of vocabulary mastery is based on the analysis by pre-test and post-test scores. Based on the observation the students enjoyed the whole process of teaching and learning since this technique encourages students to be more active and takes the challenge they never did before. So, teaching vocabulary through the movie as media is appropriate and effective to be used in improving students’ vocabulary mastery.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520120021
Uncontrolled Keywords: Vocabulary, Folktale Movies Kosakata, film cerita rakyat
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:11
Last Modified: 01 Oct 2024 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183768
[thumbnail of -Ananda Fitriani Putri.pdf] Text
-Ananda Fitriani Putri.pdf

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item