Hartanti, Ade (2020) Strategi yang Digunakan dalam Pengajaran Berbicara (Studi Kasus pada Kelas 8 SMP Negeri 1 Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penguasaan dalam kecakapan berbicara merupakan prioritas siswa dalam bahasa kedua atau bahasa asing dan mereka sering mengevaluasi keberhasilan mereka dalam belajar bahasa berdasarkan seberapa baik mereka meningkat dalam speaking (Richards, 2008). Selanjutnya, perlakuan guru memiliki peran penting untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini untuk menemukan strategi yang digunakan oleh guru dalam pengajaran berbicara. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Singosari dan terdiri atas partisipan yang merupakan guru dan 32 siswa kelas 8A. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah terbaik di Kabupaten Malang dan menjadi pemenang banyak penghargaan dalam bidang Bahasa Inggris. Berdasarkan penghargaan tersebut, banyak pemenang dari perwakilan kelas 8A. Penelitian ini menggunakan studi kasus dalam menganalisis strategi guru dalam pengajaran berbicara. Penelitian ini menghasilkan data kualitatif melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Studi ini mengungkapkan bahwa guru menggunakan bermacam strategi dalam pengajaran berbicara. Berdasarkan observasi, wawancara, dan persepsi siswa, strategi yang paling sering digunakan oleh guru adalah permainan peran, pelatihan, dan diskusi grup. Terkadang, guru juga menggunakan penjelasan gambar dan permainan untuk memotivasi siswa. Di samping itu, guru juga memberikan pertanyaan langsung yang harus dijawab oleh siswa untuk melatih kepercayaan diri mereka dalam berbicara dan teks singkat yang dibahas bersama untuk menambah kosa kata siswa. Bergantung pada strategi tersebut, kelas ini mendapatkan hasil nilai yang sempurna dalam berbicara dimana nilai terendah adalah 80 dan nilai yang tertinggi adalah 90. Peneliti menyarankan kepada guru Bahasa Inggris yang lainnya untuk dapat mencoba strategi tersebut dengan sebaiknya dalam mendorong kemampuan siswa berbicara. Terakhir, peneliti juga menyarankan peneliti di masa depan untuk melakukan penelitian tindak kelas dengan menggunakan strategi tersebut dalam rangka untuk mengetahui apakah kemampuan berbicara siswa meningkat atau tidak
English Abstract
The mastery of speaking skills is a priority of second or foreign language students and they often evaluate their success in learning language based on how well they feel they have improved their speaking (Richards, 2008). Furthermore, teacher’s treatments have an important role for improving students’ ability in speaking. Therefore, the researcher conducted the study to find out the strategies used by the teacher in teaching speaking. The study was conducted on SMP Negeri 1 Singosari and the participants were both the teacher and 32 students located at class 8A. This school is one of the favorite Junior High Schools in Kabupaten Malang and be the winner of many achievements in English subject. Based on those achievements, many winners come from students in class 8A. This research uses case study in analyzing the teacher’s strategies in teaching speaking. This research obtained the qualitative data through observation checklist, interview guide, and questionnaire. This study revealed that the teacher uses various strategies in teaching speaking. Based on observation, interview, and students’ perception, the most strategies that often used by the teacher are role-play, drilling, and discussion group. Yet, the teacher also sometimes uses picture describing and games to motivate students. Besides, the teacher also gives direct questions that must be answer by the students for practicing their confidence in speaking and passage to be discussed together for gaining vocabularies. Depends on those strategies applied by the teacher, this class gain excellent scores in speaking that the minimum scores they get are 80 and the maximum are 90. The researcher suggests to other English teacher could try the strategies well to encourage students’ ability in speaking. Last, the researcher also suggests the future researcher to conduct classroom action research using the strategies in order to know whether it could improve students’ speaking ability or not
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520120003 |
Uncontrolled Keywords: | teaching speaking, strategies of teaching speaking |
Subjects: | 400 Language > 420 English and Old English (Anglo-Saxon) > 420.71 English learning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 31 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2021 04:22 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183726 |
Text
Ade Hartanti-0520120003.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |