Pengaruh Penempatan Produk Terhadap Minat Beli Dengan Variabel Mediasi Kesadaran Merek (Studi Pada Webseries Merek Indonesia Di Kalangan Pengguna Youtube Kota Malang).

Bawono, Ridho Damar (2020) Pengaruh Penempatan Produk Terhadap Minat Beli Dengan Variabel Mediasi Kesadaran Merek (Studi Pada Webseries Merek Indonesia Di Kalangan Pengguna Youtube Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penempatan produk terhadap minat beli yang dimediasi oleh kesadaran merek, baik pengaruh secara langsung ataupun tidak langsung. Jenis penelitian adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan ukuran sampel sebesar 150 responden, responden adalah masyarakat Kota Malang yang pernah menonton webseries keluaran merek Indonesia rilisan tahun 2018 sampai 2020 di platform Youtube dan berusia lebih atau sama dengan 17 tahun. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Uji hipotesis dilakukan dengan uji T dan uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel penempatan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek pada masyarakat Kota Malang penonton webseries, (2) variabel penempatan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada masyarakat Kota Malang penonton webseries, (3) variabel kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada masyarakat Kota Malang penonton webseries. (4) variabel penempatan produk berpengaruh positif dan signifikan tarhadap minat beli masyarakat Kota Malang penonton webseries dimediasi oleh kesadaran merek. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dengan adanya kesadaran merek sebagai variabel mediasi, maka akan dapat membangun hubungan dari penempatan produk dan minat beli dengan lebih baik dari masyarakat Kota Malang penonton webseries.

English Abstract

This study aims to determine the effect of product placement on purchase intention mediated by brand awareness, both direct and indirect influence. This type of research is explanatory research that explains the causal relationship between variables through hypothesis testing. The sampling technique uses non-probability sampling with a sample size of 150 respondents, the respondents are people of Malang City who have watched the Indonesian brand output webseries released in 2018 to 2020 on the Youtube platform and are more or equal to 17 years old. Data analysis using Partial Least Square (PLS) and assisted by SmartPLS 3.0 software. Hypothesis testing is done by the T-test and the Sobel test. The results of this study indicate that (1) the product placement variable has a positive and significant effect on brand awareness in the Malang City community of webseries viewers, (2) the product placement variable has a positive and significant effect on purchase intention in the Malang City community, the webseries audience, (3) the awareness variable brand has a positive and significant effect on purchase intention in the Malang City community, webseries viewers. (4) the product placement variable has a positive and significant effect on the purchase intention of the people of Malang City, the audience of the website is mediated by brand awareness. The conclusion of this research is the presence of brand awareness as a mediating variable, it will be able to build a relationship of product placement and purchase intention better than the people of Malang City webseries viewers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020195
Uncontrolled Keywords: penempatan produk, kesadaran merek, minat beli, webseries, product placement, brand awareness, purchase intention, webseries
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Feb 2021 16:30
Last Modified: 13 Jan 2023 01:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183272
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
SKRIPSI RIDHO DAMAR BAWONO - Ridho Damar Bawono.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item