Firsada, Muhamad Ivan and Sugiono,, ST., MT., P.hD. and Oyong Novareza,, ST., MT., Ph.D. (2020) Desain toilet kereta api ekonomi ergonomis &mudah diakses. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Transportasi massal merupakan sarana untuk mendukung mobilisasi banyak orang di Indonesia yang dianggap efektif dan efisien transportasi darat. Sehingga semua fasilitas pendukung tidak terkecuali fasilitas toilet di dalam kereta terus ditingkatkan untuk menciptakan kenyamanan dan kemudahan bagi seluruh pengguna tanpa terkecuali. Penyandang disabilitas adalah penyandang cacat fisik dan atau mental, yang dapat mengganggu dan menghalangi diri mereka dari melakukan kegiatan mereka. Sehingga dalam desain kemudahan (aksesibilitas) fasilitas umum menjadi aspek yang diperhatikan terutama bagi pengguna penyandang disabilitas berkebutuhan khusus daksa dan netra yang membutuhkan fasilitas pendukung berupa fisik. Menggunakan pendekatan ergonomis dalam desain meliputi aspek pengembangan desain produk, house of quality (HOQ), tampilan visual, Antropometri dandibantu dengan HOQ. Penentuan perbaikan desain yang diperoleh dari dimensi antropometri indonesia dan hasil hoq yang diperoleh dari suara pengguna jasa penyandang disabilitas dilakukan rekapitulasi dan analisis sehingga diperoleh aspek-aspek yang perlu dilakukan perbaikan dan penambahan desain perbaikan. 3 perbaikan tata letak yang diusulkan dan 1 desain yang ada saat ini dihasilkan. Selanjutnya, perbandingan dibuat sesuai dengan atribut sesuai dengan parameter dalam peningkatan desain toilet yang dapat diakses. Hasilnya adalahdesain perbaikan toilet kereta api ekonomi yang memenuhi prinsip-prinsip standar accessibility dengan desain perbaikan yang dianggap paling layak untuk diterapkan di masa depan Dari analisis desain toilet ergonomis dan mudah diakses yang diperoleh dari hasil HOQ beberapa hal yang perlu ditingkatkan dan ditingkatkan antara lain dimensi pintu masuk, tipe pintu masuk, desain pegangantangan, jumlah pegangan tangan, desain toilet, ruang kosong area toilet, space, tanda instruksi khusus netra, dan tombol darurat. Perhitungan antropometri menghasilkan berbagai perbaikan dimensi fasilitas dan penempatannya di area toilet. Setelah itu perbandingan tata letak dilakukan dan dipilih 1 tata letak dari 3 konsep alternatif dan 1 tata letak desain exisiting layout yang ada dengan mempertimbangkan aksesibilitas, kenyamanan pengguna dan kelayakan desain tata letak untuk diterapkan.
English Abstract
Mass transportation is a means of supporting the mobilization of many people in Indonesia which is considered effective and efficient land transportation. So that all supporting facilities are no exception the toilet facilities in the train continue to be improved to create convenience and comfort for all users without exception. People with disabilities are people with physical and or mental disabilities, who can interfere with and hinder themselves from doing their activities. So, in the design of public facilities ease (accessibility) becomes a considered aspect especially for users with special needs disabilities daksa and netra who need support facilities in the form of physical. Using ergonomic approach in design includes aspects of product design development, house of quality (HOQ), visual display, Anthropometry and assisted with HOQ. Determination of design improvement obtained from the dimensions of anthropometry Indonesia and HOQ results obtained from voice of customer users with disabilities is done recapitulation and analysis so that it is obtained aspects that need to be done improvement and addition to the design of the improvement. A further 3 proposed layout improvements and 1 existing design are currently generated. Furthermore, a comparison is made according to the attributes according to the parameters in the improvement of the accessible toilet design. The result is economic railway toilet repair design that meets the standard principles of accessibility with an improvement design that is considered the most feasible to apply in the future. From the analysis of ergonomic and accessible toilet design obtained from HOQ results some things that need to be improved and improved include entrance dimensions, entrance type, handrail design, number of handrails, toilet design, toilet area free space, netra special instruction signs, and emergency buttons. Anthropometric calculations result in various improvements in the dimensions of the facility and its placement in the toilet area. After that a layout comparison is done and selected 1 layout from 3 alternative concepts and 1 existing existing design layout taking into account accessibility, user comfort and feasibility of layout design to apply.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520070244 |
Uncontrolled Keywords: | Kereta api, toilet kereta api, House of Quality (HOQ), mudah diakses, ergonomi , Train, train toilet, House of Quality (HOQ), accessible, ergonomics |
Subjects: | 300 Social sciences > 385 Railroad transportation > 385.2 Activities and services |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Users 31 not found. |
Date Deposited: | 28 Feb 2021 04:18 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183271 |
![]() |
Text
Muhamad Ivan Firsada.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |