Analisis Penerapan Personal Selling Pada Usaha Supplier (Studi Pada Bangga Supplier Di Kota Malang)

Sholeh, Mochammad Badrus (2020) Analisis Penerapan Personal Selling Pada Usaha Supplier (Studi Pada Bangga Supplier Di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan terkait dengan strategi personal selling, menganalisis strategi promosi personal selling usaha Bangga Supplier dan memberikan usulan strategi promosi personal selling. Dasar dari perumusan strategi personal selling yang digunakan adalah kondisi internal usaha dan preferensi pasar. Obyek dalam penelitian ini adalah Bangga Supplier yang merupakan usaha supplier di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, perolehannya melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa (1) Strategi promosi personal selling yang dilakukan oleh Bangga Supplier masih memiliki beberapa permasalahan, (2) Terdapat sedikit perbedaan antara preferensi konsumen dan calon konsumen dengan strategi promosi personal selling Bangga Supplier saat ini, (3) Permasalahan pada pada tahap pendekatan, tahap presentasi dan demonstrasi, tahap mengatasi keberatan, tahap penutupan, tahap tindaklanjut dan pemeliharaan, (4) Strategi promosi personal selling yang dapat dilakukan adalah pada tahap pendekatan (meningkatkan rasa percaya diri), tahap presentasi (memperhatikan durasi presentasi), tahap mengatasi keberatan (mengenali keberatan yang tersembunyi), tahap penutupan (memberikan calon konsumen jeda waktu), tahap tindak lanjut (meluangkan waktu menanyakan kepastian kerjasama dan tetap menjaga hubungan baik), serta digencarkan dalam melakukan kegiatan pemasaran personal selling.

English Abstract

The objective of this study is to identify problems concerning personal selling strategy, to analyze the personal selling strategy run by Bangga Supplier, and to propose personal selling strategy to the business. The bases of the personal selling strategy formulation are the business’ internal condition and market preferences. The object of this study is Bangga Supplier, a supplier business in Malang city. This qualitative descriptive research uses case study approach. Primary and secondary data used in this study were obtained from interviews, observations, and documentations. This research finds that (1) the personal selling strategy used by Bangga Supplier has some problems; (2) there is a slight difference between consumer preference and prospective consumers and the business’ current personal selling strategy; (3) the problems are in approach, presentation and demonstration, objection handling, closing, follow-up, and maintenance stages; (4) personal selling strategy must be applied in approach stage (increasing confidence), presentation stage (paying attention to the presentation duration), objection handling stage (identifying hidden objection), closing stage (providing prospective customers with break time), follow-up stage (allocating time to confirm the partnership and maintaining good relationships), and intensifying personal selling marketing activities.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520020133
Uncontrolled Keywords: Supplier, Personal Selling, Pengembangan usaha, supplier, personal selling, business development
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Feb 2021 14:02
Last Modified: 11 Apr 2023 01:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183095
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MOCHAMMAD BADRUS SHOLEH.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item