Larasati, Frizka Ayu (2020) Pengaruh Kredibilitas Endorser, Kongruensi Antara Endorser Dengan Produk, Dan Brand Attitude Terhadap Minat Beli (Studi Pada Situs Belanja Online Tokopedia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan pesat yang dialami oleh sektor e-commerce di Indonesia, dimana tercatat oleh Bank Indonesia pada tahun 2019 penghasilan yang didapatkan dari transaksi belanja online mencapai US$ 10 Miliar. Karena perkembangannya tersebut, maka banyak bermunculan pemain e-commerce di Indonesia dan Tokopedia adalah salah satu pemain e-commerce top di Indonesia. Tokopedia menggunakan periklanan sebagai media untuk promosi, juga memberikan konsumen sebuah pengalaman dalam berbelanja online yang dapat mendorong minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas endorser, kongruensi antara endorser dengan produk, dan brand attitude terhadap minat beli. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survey. Sampel berjumlah 200 responden dengan teknik pengambila purposive sampling. Uji instrumen pada penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisis statistik pada penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda yang dibantu dengan software SPSS versi 24. Hasil analisis menunjukkan bahwa kredibilitas endorser, kongruensi antara endorser dengan produk, dan brand attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli.
English Abstract
This research departs from the rapid development of e-commerce in Indonesia. As recorderd by Bank Indonesia, the income gained from online shopping transaction in Indonesia reached USD 10 billion in 2019. Such advancement increases the number of e-commerce venture in Indonesia. Tokopedia, one of top e-commerce players in Indonesia, use advertisements in their promotions. They provide customers with online shopping experience that encourage purchase intention. The objective of this research is to identify the effect of endorser’s credibility, endorser-product congruence, and brand attitude on purchase intention. This explanatory research uses survey in harvesting data, conducted on 200 purposive sampling-wise selected respondents. The instruments were assessed using validity and reliability testing, and the statistical analysis was performed using multiple linear regression in SPSS ver. 24. The results indicate that endorser’s credibility, endorser-product congruence, and brand attitude positively and significantly affect purchase intention.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520020098 |
Uncontrolled Keywords: | kredibilitas endorser, kongruensi antara endorser dengan produk, brand attitude, minat beli, e-commerce., endorser’s credibility, endorser-product congruence, brand attitude, purchase intention, e-commerce |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 16 Feb 2021 02:13 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 01:46 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/183015 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
FRIZKA AYU LARASATI OK.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |