Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty terhadap Repurchase Intention pada produk olahan seafood (studi kasus pada Restoran Waktambi)

Evelia, Gusti Ayu Made Nadeva (2020) Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty terhadap Repurchase Intention pada produk olahan seafood (studi kasus pada Restoran Waktambi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kesadaran merek yang tinggi tidak hanya bentuk daya ingat saja, namun ialah sebuah proses pembelajaran bagi konsumen terhadap suatu merek. Membangun sebuah kesadaran merek biasanya membutuhkan waktu yang lama karena penghafalan bisa berhasil dengan repetisi dan penguatan. Ketika kesadaran terhadap merek tinggi, maka loyalitas merek pun akan ikut meningkat seiringnya waktu. Para calon konsumen akan mengevaluasi persepsi kualitas pada suatu produk yaitu dari pengalaman membeli mereka sebelumnya. Hasilnya, perilaku konsumen akan meningkat dan niat membeli juga akan turut meningkat. Perilaku konsumen dapat menentukan niat beli konsumen. Restoran seafood Waktambi adalah salah satunya yang menjadi jujugan para mahasiswa. Karena dengan harga Rp15.000 – Rp25.000 kita sudah dapat menu ikan laut. Tidak hanya soal harga, melainkan hidangannya yang khas rumahan dengan cita rasa yang otentik yaitu ikan asap Tujuannya untuk menganalisis apakah variabel Brand Awareness memiliki pengaruh positif terhadap Repurchase Intention pada produk di Waktambi, untuk menganalisis apakah variabel Brand Loyalty berpengaruh positif terhadap Repurchase Intention pada pembelian produk di Waktambi, dan untuk menganalisis apakah variabel Brand Awareness berpengaruh positif terhadap Brand Loyalty pada pembelian produk di Waktambi. Pada penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Penelitian explanatory research adalah penelitian yang menjelaskan kedudukan variable-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lainnya. Karakteristik populasi responden ialah yang telah membeli produk di Restoran Waktambi lebih dari 1 x dan telah berumur diatas 17 tahun. Dan jumlah sampel yang digunakan sebesar 105 responden. Teknik pengumpulan data ada 3 cara yaitu kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang didapatkan ada data primer: google form, dan data sekunder: jurnal-jurnal, penelitian terdahulu dan buku solimun (Metode Statistika Multivariant SEM dengan pendekatan WarpPLS). Variabel yang digunakan ada 3 yaitu 2 variabel independen: brand awareness, brand loyalty, dan 1 variabel dependen: intention. Alat analisis yang digunakan ialah WarpPLS. Berdasarkan dari hasil pengujian didapatkan pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan antara Brand Awareness terhadap Repurchase Intention pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 23%, Berdasarkan dari hasil pengujian ini didapatkan pengaruh yang positif dan signifikan antara Brand Loyalty terhadap Repurchase Intention pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 88%, Berdasarkan dari hasil pada pengujian ini didapatkan pengaruh positif dan signifikan antara Brand Awareness terhadap Brand Loyalty memiliki pengaruh yang diberikan yaitu sebesar 93%. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kesadaran merek dalam bentuk apapun, lebih memerhatikan bentuk logo produk, harga dan kualitas sehingga meningkatkan loyalitas merek untuk dapat menarik minat beli konsumen dan untuk menambah wawasan tentang perilaku konsumen terhadap kepuasan dalam pembelian. Serta dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut di tempat yang sama dengan variabel lain seperti Brand image, Brand association, perceived consumen dan minat beli kembali.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520080157
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Feb 2021 07:10
Last Modified: 17 Apr 2023 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182651
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gusti Ayu Made Nadeva Evelia (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item