Hubungan Green Percieved Value, Green Brand Image, Dan Green Trust Terhadap Green Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Merek The Bodyshop Malang)

Rakhmawati, Dewi (2018) Hubungan Green Percieved Value, Green Brand Image, Dan Green Trust Terhadap Green Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Merek The Bodyshop Malang). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Isu tentang kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh industri terus berkembang setiap tahunnya disertai dengan kondisi nyata yang terjadi, baik kerusakan pada manusia, hewan, tumbuhan, serta lingkungan. Kini masyarakat mulai sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan dengan lebih selektif dalam pemilihan produk yang digunakan. Hal ini menjadi peluang bagi produsen untuk meraih konsumen lebih banyak pada pasar hijau, dimana konsumen turut memelihara kelestarian lingkungan pada pemilihan produk kosmetik yang telah ditentukan. Produsen kosmetik hijau harus jeli mencari cara yang tepat untuk dapat terus meningkatkan jumlah pembelian konsumen dengan terus menciptakan image hijau dan menciptakan persepsi hijau konsumen sehingga kepercayaan konsumen akan muncul dan terus bertahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan variablevariabel yang dapat mempengaruhi niat membeli konsumen terhadap suatu merek kosmetik hijau, untuk itu penelitian ini menggunakan konsumen The Bodyshop Malang sebagai obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 141 responden yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan penentuan karakteristik sample sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian. Karena jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui pasti, peneliti menggunakan metode pengambilan sampling non-probablity sampling berupa metode purposive sampling. Dari hasil data yang diperoleh, kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Square. Variable yang digunakan dalam penelitian ini adalah: green perceived value, green brand image, green trust, dan green purchase intention. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persepsi konsumen terhadap nilai manfaat produk hijau secara langsung mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut. Semakin tinggi kepercayaan konsumen akan produk tersebut, maka semakin tinggi pula niat membeli konsumen. Sedangkan persepsi konsumen terhadap nilai manfaat produk hijau dan citra merek ternyata tidak mampu mempengaruhi niat pembelian.

English Abstract

Issues regarding environmental damage caused by industry develop every year along with current real condition about damages in human, animal, plant, and environment. Now people are aware of environmental sustainability by being more selective in choosing products they consume. This create opportunities for producers to reach more consumers in green market, where consumers are participating in preserving the environment through choosing the cosmetics products. The producers of green cosmetics must find the correct method to improve numbers of purchases by consistently creating green image and creating green perception, so consumer’s trust will grow and foster. The objective of this study is to explain variables influencing purchase intention to green cosmetic brands. Therefore, this study uses consumers of The Bodyshop Malang as the research object. The data of this quantitative study was obtained from questionnaires distributed to 141 respondents whose characteristics are relevant with the research objective and was analyzed using Partial Least Square. Since the population of this study is not certain, the researcher uses purposive sampling method with non-probability sampling. The variables of this study are green perceived value, green brand image, green trust, and green purchase intention. This study finds that consumer’s perception to the benefit value of green products directly influences consumer’s trust to the product. The higher their trust to the product, the higher the purchase intention becomes. Nevertheless, consumer’s perception to the benefit value of green product and brand image do not influence purchase intention.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/658.827/RAK/h/2018/041901657
Uncontrolled Keywords: USE OF BRAND AND TRADEMARKS
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:01
Last Modified: 03 Dec 2021 03:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182452
[thumbnail of Dewi Rakhmawati (2).pdf]
Preview
Text
Dewi Rakhmawati (2).pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item