Nandayani, Dewi Reskita (2020) Pengaruh Website Quality, Country Image, Dan Functional Food Image Terhadap Niat Pembelian Functional Food Berbasis Perikanan Di Tokopedia: Pengembangan Theory of Planned Behavior. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi semakin mengubah cara pandang dalam melakukan kegiatan jual beli. Di zaman internet dan teknologi komunikasi yang semakin berkembang, pemasaran telah berubah menjadi industri yang dinamis. E-commerce merupakan salah satu tempat dimana banyak orang dapat melakukan jual beli secara online. Dalam hal ini kualitas website mempengaruhi pemasaran produk secara online melalui website. Tokopedia merupakan salah satu e-commerce favorit untuk melakukan belanja online karena menjual barang yang terbilang lengkap, mulai dari barang elektronik, pakaian, kebutuhan rumah tangga, makanan, dan masih banyak lagi. Pada masa ini, salah satu sasaran pasar yang terpenting dalam penjualan produk online adalah Ganerasi Y. Makanan fungsional di Indonesia sudah mulai berkembag karena adanya kesadaran tentang kesehatan yang mulai berkembang pula. Indonesia sebagai negara tropis sudah semestinya dapat menjadi pemimpin pada industri makanan fungsional. Kekayaan sumber daya alam dan konsumsi masyarakat yang tinggi, akan mendorong industri untuk berkembangkan dan merancang makanan fungsional yang lebih baik. Mengingat Indonesia juga merupakan negara maritim yang penghasilan ikannya mencapai 23,26 juta ton/tahun mengakibatkan Indonesia memiliki potensi yang besar dibidang makanan fungsional berbasis perikanan, ironisnya konsumsi ikan di Indonesia hanya sebesar 50,69 kg/kap/tahun, ini lenih sedikit jika dibandingkan dengan negara lain. Adanya potensi tinggi ini yang mendorong peneliti untuk meneliti pengaruh kualitas website, country image of Indonesia, functional food image Indonesia dalam mempengaruhi niat pembelian makanan fungsional berbasis perikanan lewat penjualan di e-commerce Tokopedia pada konsumen millennial di Indonesia. Diharapkan, Indonesia akan menjual banyak makanan fungsional berbasis perikanan untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti juga akan meneliti tentang, subjective norm dan perceived behavioral control pada intensi pembelian makanan fungsional berbasis perikanan dengan mengembangkan teori TPB (Theory of Planned Behavior). Penelitian ini dilakukan di pulau Jawa karena merupakan salah satu daerah pengguna e-commerce tertinggi di Indonesia. Waktu penelitian dilakukan selama bulan Maret 2020. Peneliti menggunakan metode explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi adalah konsumen millennial di Pulau Jawa yang pernah membeli makanan fungsional Indonesia berbasis perikanan di Tokopedia. Perhitungan banyaknya sampel dilakukan menurut (J. Hair, Black, Babin, & Anderson, 2010) yang menghasilkan jumlah responden sebanyak 140. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu metode nonprobability sampling dengan menggunakan teknik insidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analis yang digunakan yaitu Statistik Inferensial: WarpPLS SEM Method dan Analisis Data Deskriptif Kuantitatif. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa dari 8 hipotesis terdapat 6 hipotesis yang berpengaruh signifikan dan 2 hipotesis yang berpengaruh tidak signifikan. Keenam hubungan yang signifikan yaitu: (1) perceived website quality mempengaruhi purchase atittude dalam pembelian, (2) country image Indonesia mempengaruhi functional food image, (3) functional food image mempengaruhi purchase attitude dalam pembelian, (4) purchase attitude dalam pembelian mempengaruhi purchase intention, (5) perceived behavior control mempengaruhi purchase intention, (6) subjective norm mempengaruhi purchase intention. Keenam hubungan ini merupakan hubungan secara langsung. Terdapat 2 (dua) hubungan yang tidak signifikan yaitu (1) perceived website quality mempengaruhi purchase intention, dan (2) country image mempengaruhi purchase intention. Kedua hubungan yang tidak signifikan ini merupakan hubungan secara langsung. Pada penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti hingga keputusan pembelian generasi millennials.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0520080097 |
Uncontrolled Keywords: | - |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.87 Marketing channels |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 20 Feb 2021 07:09 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182401 |
![]() |
Text
fix-Dewi Reskita Nandayani.pdf Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |