Analisis Strategi Nation Branding Prancis melalui ‘France’ pasca Serangan Terorisme (2015-2017)

Prihadiansyah, Khansa Deryqa (2020) Analisis Strategi Nation Branding Prancis melalui ‘France’ pasca Serangan Terorisme (2015-2017). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini pengembangan kekuatan sebuah negara tidak hanya berfokus pada kemampuan yang bersifat koersif saja, namun juga pengembangan soft power, atau kekuatan yang bersfat persuasif. Dari kemampuan yang bersifat persuasif ini kemudian negara membentuk nation branding. Nation branding dilakukan dengan mendorong perbedaan atau identitas khas satu negara, sehingga negara lain dan masyarakat internasional memiliki pandangan positif terhadap negara tersebut. Setiap negara memiliki target nation branding yang berbeda dengan melihat kemampuan dan kondisi negara mereka. Dalam melihat strategi nation branding yang dijalankan Prancis pasca serangan terorisme tahun 2015, penulis menggunakan konsep nation branding strategy milik Keith Dinnie yang menjelaskan bahwa ada sebelas elemen yang diperhatikan dalam implementasi sebuah nation branding yang strategis.Sebelas elemen inilah yang kemudian menjadi penjelasan mengapa nation branding yang dijalankan Prancis pasca serangan terorisme tahun 2015 dapat berhasil.

English Abstract

Currently state’s coersive strength development is not the only priority. State is also putting their attention into soft power, or persuasive strength. With this persuasive strength, a state can create a nation branding. Nation branding pushes state’s differences or unique identities from other states to attract positive attentions from international community. Every nation branding has different targets which depends on their ability and state’s conditions. To see how France’s nation branding strategy can succeed after the terrorist attack in 2015, we’re using Keith Dinnie’s concept. He explained that there are 11 elements that states usually pay attention to when they’re implementating a strategic nation branding.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520110045
Uncontrolled Keywords: : Strategi nation branding,, ‘France’, Kampanye, Atout France, Nation branding strategies, ‘France’, Campaign, Atout France
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 27 Jan 2021 09:24
Last Modified: 18 Apr 2023 02:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/182058
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Khansa Deryqa Prihadiansyah (2).pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2023.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item