Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Surabaya Kota dan Kajian Tarif Kereta Komuter Surabaya-Porong

bilhaq, Muhammad firman and anwar, irfan zain al (2020) Evaluasi Kinerja Pelayanan Stasiun Surabaya Kota dan Kajian Tarif Kereta Komuter Surabaya-Porong. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kota Surabaya terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 40 km dari Kota Sidoarjo dan merupakan Kota terbesar di Jawa Timur. Kota Surabaya merupakan Ibukota Provinsi Jawa Timur. Kota Sidoarjo merupakan salah satu kota satelit untuk kota Surabaya. Salah satu transportasi dari sidoarjo-surabaya maupun sebaliknya merupakan kereta Komuter SurabayaPorong. PT. Kereta Api Indonesia merupakan satu-satunya pengelola perkeretaapian di Indonesia yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas demi mengoptimalkan keunggulankeunggulan dari kereta api. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada kereta komuter Surabaya-porong dan pada stasiun Surabaya kota perlu menganalisa performa kinerja. Pada penelitian ini metode yang digunakan untuk menganalisa performa adalah metode Impontance Performance Analysis (IPA). Dari performa yang ada dapat dinilai kemampuan dan kemauan calon penumpang untuk membayar tarif tiket kereta dengan menggunakan metode Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP). Hasil dari pengujian ini adalah pada kereta komuter Surabaya-Porong ada asper yang masih memerlukan perbaikan antara lain Ketersediaan CCTV, kemudahan pemesanan tiket secara online. Pada stasiun Surabaya kota aspek yang memerlukan perbaikan antara lain ketersediaan Vending Machine, Ketersediaan ruang Tunggu, Ketersediaan Akses Bagi Penyandang Disabilitas, Toilet. Tarif rata-rata yang didapat adalah 125 rp/km.

English Abstract

Surabaya City located in the East Java Province, Indonesia. The City is located 40 kilometers from Sidoarjo Town and is the largest City in East Java Province. Surabaya is the Capital City of East Java Province. Sidoarjo Town is one of Satellite Town of Capital City of East Java Province, Surabaya City. One of the transportation from Surabaya – Sidoarjo, and the other way around is Commuter Railway. PT. Kereta Api Indonesia is the only railway management company in Indonesia which has an important role in improving quality in order to optimize the advantages of the railway transportation. To improve the quality of service on Surabaya-Porong commuter trains and Surabaya city stations need to analyze performance. This research uses Impontance Performance Analysis (IPA) method to analyze performance. From the existing performance, passanger ability and willingness to pay the railway ticket fare can be evaluated using Ability To Pay (ATP) Method dan Willingness To Pay (WTP) Method. The Result of this reseach is the Commuter railway have some aspect need to improvement include CCTV availability, and easy to booking online. In Surabaya City Station, some aspects need improvement include the availability of vending machines, availability of waiting rooms, access for disabilities passengers, and toilets. The average fare is Rp. 125,00/km

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0520070003
Uncontrolled Keywords: Stasiun, Surabaya, Porong, Performance, IPA, ATP, WTP, Station, Surabaya, Porong, Performance, IPA, ATP, WTP.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.306 Job analysis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Users 31 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2021 22:09
Last Modified: 09 Oct 2024 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181989
[thumbnail of Muhammad Firman Bilhaq_unlocked (1).pdf] Text
Muhammad Firman Bilhaq_unlocked (1).pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item