Bismara, Rosyid (2020) Pengukuran Kinerja Menggunakan Metode Balanced Scorecard Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Di Pt. Kharisma Bayu Mandiri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. Kharisma Bayu Mandiri (PT KBM) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa kontraktor. Proyek yang dikerjakan oleh PT KBM mengalami peningkatan dari tahun 2015 – 2017 namun keuntungan yang diperoleh perusahaan belum mencapai target yang sudah ditetapkan perusahaan yaitu sebesar 14,11%. Selama ini perusahaan melakukan pengukuran kinerja hanya berdasarkan finansial saja. Di luar aspek finansial seperti keluhan pelanggan juga mempengaruhi keuntungan yang didapatkan perusahaan sehingga perlu cakupan pengukuran kinerja yang lebih luas untuk mendorong pencapaian kinerja yang lebih baik. Perusahaan belum melakukan pengukuran kinerja terintegrasi yang tidak hanya berfokus pada perspektif finansial saja namun juga berfokus terhadap perspektif nonfinansial seperti pelanggan, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan. Sehingga diperlukan analisis lebih dalam mengenai faktor-faktor lain yang menyebabkan finansial tidak mencapai target yang sudah ditetapkan. Perusahaan perlu melakukan pengukuran kinerja untuk mengetahui bagaimana perfoma perusahaan selama ini sehingga nantinya dapat mengevaluasi dan memperbaiki kinerja. Penelitian ini menggunakan metode Balanced Scorecard. Metode ini merupakan alat bantu dalam melakukan pengukuran kinerja yang konsepnya berupa keseimbangan antara perspektif keuangan dan perspektif non keuangan. Di dalam Balanced Scorecard terdapat 4 perspektif, yaitu financial, customer, internal business process, dan learning and growth. Untuk membantu pengukuran kinerja pada penelitian ini, maka digunakan metode pembobotan Analytical Hierarchy Process (AHP), serta Objective Matrix (OMAX) dan Traffic light System (TLS) dalam perhitungan skor pencapaian kinerja untuk memudahkan interpretasi hasil pengukuran kinerja. Pada penelitian ini terdapat 18 Key Perfomance Indicator (KPI) yang teridentifikasi. Hasil dari pengukuran kinerja pada PT KBM menghasilkan indeks kinerja perusahaan sebesar 7,84 dan nilai tersebut masuk dalam kategori kuning. Berdasarkan perhitungan skor menggunakan OMAX dan TLS diketahui terdapat 6 KPI yang masuk ke dalam kategori kuning. Terdapat beberapa rekomendasi yang diberikan sebagai upaya perbaikan, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan kepada karyawan supaya tidak terjadi kesalahan dalam melakukan instalasi, meningkatkan quality control terhadap produk yang akan digunakan dan memberikan penawaran yang terbaik dengan memberikan harga yang bersaing dan kualitas terbaik untuk menarik pelanggan baru.
English Abstract
PT. Kharisma Bayu Mandiri (PT KBM) is a company which engaged in contracting services. PT KBM’s project number had increased from 2015-2017, but the profit earned by the company has not reached the targets set by the company, which is 14,11%. So far, the company did performance measurement only from financial aspect. Outside the financial aspects such as customer complaints also affect the profits of the company so it is necessary to do broader performance measurements to encourage the achievement of better performance.The company has not yet do modern performance measurement which not only focused on financial aspect but also focused on non-financial aspects such as customer, internal process business, and learning and growth. Therefore a further analysis is needed on other factors which caused the finance did not meet the target set by the company. The company need to do performance measurement to learn how the company’s performance so far so that the company can evaluate and improve the performance. This research uses Balanced Scorecard method. This method is a tool in measuring performance which concept is balance between financial perspective and non-financial perspective. Balanced Scorecard has four perspectives, which are financial, customer, internal business process, and learn and growth. To supporting the performance measurement in this study, Analytical Hierarchy Process (AHP), Objective Matrix (OMAX) and Traffic Light System (TLS) are being used on performance accomplishment score calculation to facilitate the interpretation of performance measurement results. In this research, there were 18 Key Performance Indicator (KPI) identified. The results of performance measurements resulted in a company performance index are 7.84 and the value shows a yellow category. According score calculation using OMAX and TLS, there are 6 KPI that fall into the yellow category. There are a number of recommendations given as an improvement effort, one of which is to provide training to employees so that errors do not occur in the installation, improve the quality control of the product to be used and provide the best offer by providing competitive prices and the best quality to attract new customers.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2020/44/052003646 |
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Analytical Hierarchy Process (AHP), Objectie Matrix (OMAX), Traffic Light System (TLS). Performance Measurement, Balanced Scorecard, Analytical Hierarchy Process (AHP), Objective Matrix (OMAX), Traffic Light System (TLS) |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.3 Personnel management (human resource management) > 658.306 Job analysis |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 08 Oct 2020 01:53 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 08:00 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181668 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rosyid Bismara.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2023. Download (5MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |