Perancangan Desain Kemasan Kopi Siap Minum Menggunakan Metode Kansei Engineering

Kilin, Nadya Thalia Gabriella (2019) Perancangan Desain Kemasan Kopi Siap Minum Menggunakan Metode Kansei Engineering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara produsen kopi keempat terbesar dunia setelah Brazil, Vietnam, dan Colombia. Peningkatan taraf hidup masyarakat di Indonesia menyebabkan pergeseran dalam pola mengkonsumsi kopi, khususnya pada kawula muda yang lebih memilih mengkonsumsi kopi siap minum. Kopi siap minum merupakan minuman kopi dalam kemasan yang cepat dan praktis. Kemasan menjadi hal penting pada produk kopi siap minum karena berperan sebagai daya tarik konsumen. Tujuan penelitian adalah mengetahui rancangan desain kemasan kopi siap minum yang sesuai dengan keinginan konsumen berdasarkan metode kansei engineering. Kata kansei sebanyak 20 pada metode kansei engineering dalam penelitian ini digunakan untuk menerjemahkan perasaan 40 responden secara psikologis terhadap 16 sampel produk kopi siap minum. Data diperoleh dengan cara memberikan kuesioner kepada responden, yaitu konsumen kopi siap minum yang berusia 17 tahun ke atas dan pernah membeli dan mengkonsumsi kopi siap minum. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala semantic differential 1-5 yang menunjukkan kesesuaian perasaan dan citra responden terhadap desain kopi siap minum. Korelasi Pearson dan nilai cronbach’s alpha kemudian dihitung untuk menguji validitas dan reliabilitas kata kansei. Analisis dilanjutkan dengan analisis faktor dan konjoin untuk mengetahui hubungan antara elemen desain (bahan, bentuk, warna, label) dengan kata kansei yang terdapat pada faktor baru yang terpilih, isehingga dapat memberikan konsep desain kemasan kopi siap minum sesuai dengan keinginan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kombinasi desain kemasan kopi siap minum yang disukai konsumen yaitu kombinasi bentuk kotak, bahan plastik, label stiker printing, dan warna transparan. Kata kansei yang mendukung kombinasi tersebut adalah kata kansei modern, menarik, awet, elegan, ciri khas, dan inovatif. Keseluruhan elemen desain berdasarkan nilai importance value yang diprioritaskan konsumen berturut-turut adalah label (27,653), bentuk (25,825), bahan (25,064), dan warna (21,459). Saran berdasarkan penelitian perancangan desain kemasan kopi siap minum menggunakan metode kansei engineering ini adalah bahan yang didapatkan dari hasil penelitian ini masih menggunakan bahan yang tidak ramah lingkungan sehingga bahan kemasan yang ramah lingkungan perlu dipertimbangkan untuk penelitian selanjutnya. Perbaikan untuk metode kansei engineering tipe 1 juga diperlukan dengan melakukan survei sebelum menentukan kata kansei yang akan digunakan dalam kuesioner

English Abstract

Indonesia is the fourth largest coffee producer country in the world after Brazil, Vietnam and Colombia. The increased living standard of people in Indonesia led to a shift in coffee consumption patterns, especially among young people who prefer their ready-to-drink coffee consumption. Ready-to-drink coffee is a fast, practical prepackaged beverage. Packaging becomes an important component in ready-to-drink coffee products because it acts as a consumer attraction. The purpose of this study was to determine the packaging design of ready-todrink coffee in accordance with the consumer desires based on the kansei engineering method. The kansei words as many as 20 in this study was used to translate the feelings of 40 respondents psychologically to 16 samples of ready-to-drink coffee products. Data obtained by giving questionnaires to respondents, namely consumers of ready-to-drink coffee aged 17 years and over and have bought and consumed ready-to-drink coffee. The scale used in this study is 1-5 semantic differential scale which shows the suitability of the feelings and image of the respondent to the design of ready-to-drink coffee. Pearson's correlation and Cronbach's alpha values were then calculated to test the validity and reliability of the kansei word. The analysis continues with factor analysis and conjoints to find out the relationship between design elements (materials, shapes, colors, labels) with the iiikansei words contained in the new factors selected, so as to provide the concept of ready-to-drink coffee packaging design in accordance with consumer desires. The results showed that overall the combination of ready-to-drink coffee packaging design that consumers liked was the combination of box shape, plastic material, sticker printing labels, and transparent colors. The word kansei that supports this combination is the word kansei modern, attractive, durable, elegant, characteristic, and innovative. All design elements based on importance value prioritized by consumers are label (27,653), shape (25,825), material (25,064), and color (21,459). Suggestions based on research on the packaging design of ready-to-drink coffee using kansei engineering method are the materials obtained from the results of this study still use materials that are not environmentally friendly so that environmentally friendly packaging materials need to be considered for further research. Improvements to the kansei engineering type 1 method are also needed by conducting a survey before determining the kansei words to be used in the questionnaire

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/225/052002389
Uncontrolled Keywords: Analisis Konjoin, Kansei Engineering, Kopi Siap Minum, Perancangan Kemasan, Conjoint Analysis, Kansei Engineering, Packaging Design, Ready-To-Drink Coffee
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 663 Beverage technology > 663.9 Nonalcoholic brewed beverages > 663.93 Coffee
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 07:34
Last Modified: 24 Aug 2020 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181582
[thumbnail of NADYA THALIA GABRIELLA KILIN (2).pdf]
Preview
Text
NADYA THALIA GABRIELLA KILIN (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item