Pengaruh Brand Ekuitas Minyak Goreng Bimoli Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Skala Rumah Tangga (Studi Kasus Desa Sukobendu Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan)

Raharjo, Eko Wahyu (2019) Pengaruh Brand Ekuitas Minyak Goreng Bimoli Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Skala Rumah Tangga (Studi Kasus Desa Sukobendu Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Minyak goreng merupakan salah satu dari sembilan bahan pokok (sembako) masyarakat Indonesia. Bimoli (Bitung Manado Oil Limited) merupakan salah satu brand minyak goreng yang diproduksi oleh PT Salim Ivomas Pratama Tbk.Brand ekuitas adalah serangkaian aset dan kewajiban yang terkait dengan sebuah merek, nama, dan simbol yang menambah atau nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan. Penelitian dilakukan dengan cara melihat pengaruh empat variabel brand ekuitas yaitu brand awareness(X1), perceived quality(X2), brand association(X3) dan brand loyalty (X4) terhadap Loyalitas Konsumen (Y). Responden dalam penelitian ini merupakan Ibu rumahtangga di Desa Sukobendu Kecamatan Mantup Kabupaten Lamongan sebanyak 35 Responden. Sedangkan untuk analisis data menggunakan software SPSS 25 dan smartPLS 3.0 (Partial Least Square). Hasil dari penelitian ini mununjukan bahwa brand associaton yang dimiliki minyak goreng Bimoli tidak memperngaruhi loyalitas konsumen dengan nilai 0,804. Sedangkan pada variabel lain yang meliputi brand awereness, perceived quality dan brand loyality mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan masing-masing nilai Thitung 2,442 ; 2,039 dan 1,996. Produk atau merek yang mempunyai brand ekuitas yang baik akan menjadikan konsumen loyal utuk melakukan pembelian ulang terhadap produk dan sukarela merekomendasikan produk pada orang lain.

English Abstract

Cooking oil is one of the nine basic commodities (staple foods) of the Indonesian people. Bimoli (Bitung Manado Oil Limited) is one of the brands of cooking oil produced by PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP). Brand equity is a series of assets and liabilities related to a brand, name and symbol that adds or values a product or service to a company and / or customer. The research was conducted by looking at the effect of four equity brand variables, namely brand awareness (X1), perceived quality (X2), brand association (X3) and brand loyalty (X4) on Consumer Loyalty (Y). Respondents in this study were housewives in Sukobendu Village, Mantup Subdistrict, Lamongan Regency as many as 35 respondents. While for data analysis using SPSS 25 software and smartPLS 3.0 (Partial Least Square). The results of this study show that the associaton brand owned by Bimoli cooking oil does not affect consumer loyalty with a value of 0.804. Whereas in other variables which include brand awareness, perceived quality and brand loyalty have an influence on consumer loyalty with each T-Values 2,442; 2,039 and 1,996.Products or brands that have a good brand equity will make loyal customers to repurchase products and volunteers in recommending products to others.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/403/052002570
Uncontrolled Keywords: Brand Ekuitas, Minyak Goreng, Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand Loyalty, SPSS, Partial Least Squares, Brand Equity, Cooking Oil, Brand Awareness, Perceived Quality, Brand Association, Brand Loyalty, SPSS, Partial Least Squares
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.82 Sales promotion > 658.827 Use of brands and trademarks
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:31
Last Modified: 18 Aug 2020 03:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181517
[thumbnail of Eko Wahyu Raharjo (2).pdf]
Preview
Text
Eko Wahyu Raharjo (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item