Prasetya, Hazhenda Beta (2019) Perencanaan Strategi Pengembangan Produk Pie Nanas Beku Menggunakan Metode Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix) (Studi Kasus : Ukm Raja Nanas). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Usaha kecil Menengah atau yang sering disingkat UKM ialah salah satu bagian penting dari perekonomian suatu negara maupun daerah, begitu juga dengan negara indonesia. UKM ini sangat memiliki peranan penting dalam lajunya perekonomian masyarakat. UKM ini juga sangat membantu negara atau pemerintah dalam penciptaan lapangan kerja baru dan lewat UKM juga banyak tercipta unit-unit kerja baru yang menggunakan baru yang dapat mendukung pendapatan rumah tangga. Salah satu UKM yang memproduksi olahan buah nanas di kota kediri adalah UKM Raja Nanas. UKM Raja Nanas melakukan inovasi olahan produk buah nanas menjadi pie nanas beku dengan nama Oonanas. Produk ini merupakan pie nanas beku yang dikemas dalam bentuk setengah jadi yang siap digoreng. Dalam satu kemasan Oonanas terdapat isi 5 biji pie nanas beku yang siap digoreng. Salah satu tujuan dari ukm ini menjadikan pie nanas beku tersebut sebagai salah satu oleh oleh kekinian. Sebagai salah satu UKM yang baru sering terjadi kendala baik dari faktor internal maupun eksternal. Kendala dan permasalahan tersebut antara lain aspek permodalan, kemampuan manajemen usaha dan kualitas sumber daya pengelolanya. Selain itu juga disebabkan sulitnya akses terhadap informasi dan juga masalah dalam pemasaran produk itu sendiri. Menghadapi masalah internal maupun eksternal dibutuhkan analisis untuk mengetahui alternatif strategi untuk mengetahui solusi yang tepat. Penyelesaian masalah dalam hal ini digunakan metode dalam merumuskan strategi pengembangan menggunakan metode QSPM. Metode QSPM merupakan metode untuk melakukan evaluasi pilihan alternatif secara objektif, menetapkan daya tarik relatif dari tindakan alternatif yang layak dan memutuskan strategi mana yang terbaik. Keunggulan dari metode QSPM ini yaitu rangkaianx strategi dalam metode QSPM dapat diamati secara berurutan dan bersamaan serta memperkecil kemungkinan bahwa faktorfaktor utama akan terlewat namun membutuhkan penilaian secara intuitif dan asumsi yang berdasar. Hasil analisis yang dilakukan pada lingkungan internal dan eksternal UKM Raja Nanas menghasilkan beberapa alternatif strategi. Strategi SO (Strenght-Opportunity) adalah Peningkatan penjualan dengan pengembangan varian produk dan meningatkan kualitas produk. Strategi WO (WeaknessOpportunity) adalah melakukan kerjasama dengan produsen dan pemasok dan meningkatkan promosi dengan menggunakan media online. Strategi ST (Strenght-Threat) adalah melebarkan pasar ke wilayah lain dan menetapkan kuota persediaan tertinggi. Strategi WT (Weakness-Threat) adalah meningkatkan promosi melaui event-event dengan menonjolkan ciri khas produk dan memaksimalkan bahan baku dan minimasi biaya produksi. Hasil kuesioner QSPM menunjukkan bahwa nilai tertinggi dari TAS (Total Attractiveness Score) adalah meningatkan kualitas produkdengan nilai TAS sebesar 6,45. Alternatif strategi lain yang dapat disarankan dengan peringkat 2 adalah peningkatan penjualan dengan pengembangan varian produk
English Abstract
Small and medium enterprises or often abbreviated as SMEs are one of the important parts of the economy of a country or region, as well as the Indonesian state. This UKM has a very important role in the pace of the economy of the community. This UKM is also very helpful for the state or government in creating new jobs and through SMEs there are also many new work units that use new ones that can support household income. One of the UKMs that produce processed pineapple in the Kediri city is UKM Raja Nanas. UKM Raja Nanas innovates processed pineapple products into frozen pineapple pies under the name Oonanas. This product is a frozen pineapple pie packaged in semi-finished form that is ready for frying. In one package Oonanas contains 5 frozen pineapple pie seeds that are ready to be fried. One of the purposes of this SME is to make the frozen pineapple pie one of the present. As one of the new SMEs, obstacles often occur both from internal and external factors. These constraints and problems include aspects of capital, business management capabilities and the quality of management resources. In addition, it is also caused by the difficulty of access to information and also problems in marketing the product itself. Facing internal and external problems requires analysis to find out alternative strategies to find the right solution. Problem solving in this case is used method in formulating development strategy using QSPM method. QSPM method is a method for evaluating alternative choices objectively, determining thexii relative attractiveness of alternative measures that are feasible and deciding which strategy is the best. Advantages of this QSPM method, namely a series of strategies in the QSPM method can be observed sequentially and simultaneously and minimize the possibility that the main factors will be missed but require intuitive assessment and based assumptions. The results of the analysis carried out on the internal and external environment of the King of Pineapple UKM produced several alternative strategies. SO Strategy (StrengthOpportunity) is Increasing sales by developing product variants and enhancing product quality. The WO (WeaknessOpportunity) strategy is to collaborate with producers and suppliers and improve promotions using online media. The ST (Strength-Threat) strategy is to expand the market to other regions and set the highest inventory quota. The WT (Weakness-Threat) strategy is to increase promotion through events by highlighting product characteristics and maximizing raw materials and minimizing production costs. The results of the QSPM questionnaire indicate that the highest value of TAS (Total Attractiveness Score) is to remind product quality with a value of TAS of. 6.45 Another alternative strategy that can be suggested with rank 2 is Increasing sales by developing product variants
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FTP/2019/272/052002254 |
Uncontrolled Keywords: | Pie, Nanas, Strategi, QSPM, Pie, Pineapple, Strategy, QSPM |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production > 658.57 Research and Development |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 18 Aug 2020 03:20 |
Last Modified: | 18 Aug 2020 03:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181507 |
Text
Hazhenda Beta P (2).pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |