Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Minuman Sari Apel Dengan Metode Konjoin (Studi Kasus Ksu Brosem Batu)

Wuisan, Reinard Sutiyono (2019) Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Minuman Sari Apel Dengan Metode Konjoin (Studi Kasus Ksu Brosem Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Apel merupakan salah satu komoditas unggulan di Indonesia yang banyak dikembangkan di berbagai daerah terutama pada Kota Batu. Buah apel merupakan salah satu produk pertanian yang sangat diminati oleh masyarakat, baik dikonsumsi secara langsung maupun dikonsumsi dalam bentuk olahan salah satunya minuman sari apel. Salah satu UKM yang memproduksi minuman sari apel yaitu KSU Brosem yang berlokasi di Jl. Bromo, Kota Batu. Penyebab utama hilangnya ketertarikan konsumen terhadap produk minuman sari apel KSU Brosem yaitu kualitas produk yang kurang bersaing karena adanya produk cacat dan kualitas pelayanan yang kurang baik, dari permasalahan tersebut diperlukan analisis preferensi konsumen untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode konjoin pairwise comparison yang menghasilkan 8 stimuli. Penilaian preferensi konsumen dilakukan dengan melakukan penyebaran kuisioner. Pada penelitian kali ini digunakan sebanyak 70 responden yang pernah mengkonsumsi minuman sari apel brosem. Bauran atribut yang digunakan pada penelitian ini yaitu bauran atribut kualitas produk yang dibagi menjadi tiga yaitu jaminan, harga, dan kemasan. Bauran atribut kualitas pelayanan yang dibagi menjadi tiga yaitu kehandalan, daya tangkap, dan asuransi. Pengolahan data penilaian responden dilakukan dengan program SPSS 16.0 secara kuantitatif dengan cara regresi. Hasil dari preferensi konsumen terhadap kualitas produk dan kualitas pelayanan minuman sari apel KSU Brosem menunjukkan kombinasi kualitas produk dan kualitas pelayanan minuman sari apel yang disukai konsumen yaitu tidak mengandung pewarna buatan, memiliki program diskon harga khusus, kemasan yang melindungi produk, menjunjung pelayanan yang sopan & ramah, waktu pengiriman tepat, dan memiliki asuransi berupa garansi produk cacat. Atribut kehandalan memiliki nilai kepentingan tertinggi sebesar 51,28%, menunjukkan konsumen lebih memilih atribut kehandalan untuk diprioritaskan

English Abstract

Apples are one of the leading commodities in Indonesia, which have been developed in various regions, especially in Baru City. Apple is one of the most popular agricultural products for the community, both consumed directly and consumed in the form of processed one of product is apple cider drinks. One of SMEs that produces apple cider drinks is KSU Brosem, located on Jl. Broma, Batu City. The main cause of loss of consumer interest in KSU Brosem’s apple cider drinks product is the quality of products that are less competitive due to the presence of defective products and poor service quality, from these problems it is necessary to analyze consumer preferences to improve product quality and service. The research was conducted using the conjoint pairwise comparison method which produced 8 stimuli. Consumer preferences assessment is done by distributing questionnaires. In this research 70 respondents were used to consume brosem apple cider drinks. The attribute mix used in this study is the mix of product quality attributes which are divided into three guarantees, prices, and packaging. The mix of service quality attributes is divided into three reliability, responsiveness, and assurance. Data processing was carried out using the SPSS 16.0 program quantitatively by regression. The results of consumer preferences for product quality and service quality of KSU Brosem’s apple cider drinks show a combination of product quality and service quality of apple cider drinks that consumers like, which does not contain artificial dyes, has a special price discount program, packaging that protects products, upholds polite service and friendly, exact delivery time, and have insurance in the form of a defective product warranty. Reliability attributes have the highest importance value of 51.28%, indicating consumers prefer reliability attributes to be prioritized

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/357/052002534
Uncontrolled Keywords: Atribut, Konjoin, Preferensi Konsumen, Minuman Sari Apel, Attributes, Conjoint, Consumer Preferences, Apple Cider Drinks
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 03:19
Last Modified: 22 Oct 2021 00:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181461
[thumbnail of REINARD SUTIYONO WUISAN (2).pdf]
Preview
Text
REINARD SUTIYONO WUISAN (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item