Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Kopi Bubuk “Tri Tunggal” (Studi Kasus Kelompok Tani Kopi Makmur Abadi Desa Kandangan, Kabupaten Banyuwangi)

Fahrurrozi, Muhammad (2019) Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Kopi Bubuk “Tri Tunggal” (Studi Kasus Kelompok Tani Kopi Makmur Abadi Desa Kandangan, Kabupaten Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kopi bubuk diolah dari biji kopi pilihan yang disangrai lalu dihaluskan menjadi bubuk. Kopi bubuk yang diolah sering ditambahkan bahan lain seperti beras, jagung, daging kelapa agar rasa pahitnya hilang dan dapat memberi cita rasa yang khas. Kopi bubuk Tri Tunggal adalah produk yang diolah oleh Kelompok Tani Kopi Makmur Abadi (KTKMA). Produksi Kopi Bubuk Tri Tunggal dilakukan dengan kombinasi 30% kopi : 70% jagung. Pemasaran kopi bubuk Tri Tunggal dipasarkan di toko dan grosir di kabupaten Banyuwangi. Selama ini KTKMA belum pernah melakukan pengukuran tingkat kepuasan konsumen agar dapat bertahan dan bersaing dengan produk sejenis seperti kopai osing. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas kopi bubuk secara organoleptik dan menganalisis kepuasan konsumen terhadap kualitas kopi bubuk Tri Tunggal menggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Index). Hasil perhitungan dengan metode IPA menunjukkan atribut yang masuk kedalam kuadran I atau prioritas utama untuk diperbaiki dan dititngkatkan kinerjanya yaitu; kemudah memperoleh produk (76,10%), informasi kadaluarsa (73,01%), umur simpan (78,40%), dan kesesuaian kemasan (81,99%). Pada hasil analisis metode IPA diperoleh nilai rata-rata tingkat kesesuaian sebesar 86,03%. Menunjukkan bahwa kinerja dari kopi bubuk Tri Tunggal sangat sesuai dengan harapan konsumen. Hasil perhitungan dengan metode CSI menunjukkan tingkat kepuasan konsumen pada kopi bubuk Tri Tunggal adalah 66,72% yang berarti tingkat kepuasan konsumen kopi bubuk Tri Tunggal berada dikategori “Puas” terhadap kinerja dari seluruh atribut yang ada pada kopi bubuk Tri Tunggal. KTKMA harus memperhatikan dan memperbaiki atribut yang berada pada kuadra I (kemudahan memperoleh produk, informasi kadaluarsa, umur simpan, dan kesesuaian kemasan) kopi bubuk Tri Tunggal yang dianggap penting oleh konsumen agar dapat meningkatkan kualitas kopi bubuk dan meningkatkan kepuasan konsumen.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2019/247/052002072
Uncontrolled Keywords: kopi bubuk, kualitas, kepuasan konsumen,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:30
Last Modified: 21 Oct 2021 03:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/181433
[thumbnail of Skripsi_Muhammad Fahrurrozi (2).pdf]
Preview
Text
Skripsi_Muhammad Fahrurrozi (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item